Akhirnya Terungkap Pemotor yang Kena Tilang ETLE di Jalanan Sawah Mengakui Kesalahannya Karena Apa

Beberapa hari lalu publik dihebohkan dengan pemotor yang kena tilang elektronik di pesawahan.

Akhirnya terungkap pemotor yang kena tilang ETLE di jalanan sawa mengakui kesalahannya kare apa hingga ditilang.

Yang jadi viral karena selama ini jarang sekali atau bahkan tidak pernah pemotor ditilang oleh polisi di pesawahan.

Pemotor yang kena tilang ETLE di jalanan sawah itu Panto Suwarno yang tertangkap kamera ETLE mobile saat melintas di persawahan Sukoharjo.

Menanggapi kejadian itu, Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menjelaskan bahwa kondisi geografis Sukoharjo sendiri banyak wilayah persawahan.

Bahkan sawah-sawah itu menurutnya juga banyak yang berada di jantung Kota Sukoharjo, sehingga bukan berarti sawah itu jauh dari wilayah perkotaan.

“Beliau (pengendara motor) itu lewat di jalan penghubung jalan protokol. Yang bersangkutan mengaku pulang dari takziah,” kata dia, kepada TribunSolo.com, Kamis (23/6/2022).

Menurut Kapolres, pelanggaran tersebut terekam melalui kamera ETLE Mobile yang bisa dibawa oleh petugas Satlantas berpatroli, entah itu terpasang di helm, maupun di telepon genggam petugas.

Selain itu, pihaknya juga mencontohkan bahwa angka kecelakaan di Sukoharjo masuk dalam lima besar tertinggi untuk Provinsi Jawa Tengah.

Kecelakaan tersebut juga banyak terjadi di jalan-jalan wilayah persawahan. Tak jarang, kecelakaan di wilayah persawahan berdampak fatal, seperti meninggal dunia.

“Artinya, di jalan-jalan persawahan juga berpotensi terjadi kecelakaan yang fatal. Secara yuridis juga diatur dalam pasal 291 ayat 2 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” jelasnya.

Sementara itu, pelanggar yang sempat viral itu juga sudah mengkonfirmasi bahwa memang telah melakukan pelanggaran dan sudah membayar denda tilang.

Pelanggar yang sempat viral itu yakni Panto Suwarno (59) kepada awak media mengaku saat itu sedang pulang dari takziah.

“Setelah takziah, saya menengok anak buah yang sedang tandur di sawah. Kan sekalian jalannya gitu. Saya sudah bayar tilang, mengakui kesalahan tidak memakai helm,” kata Panto.

Usai mendapatkan “surat cinta” itu, Panto mengaku kaget. Adapun denda yang dia bayarkan karena melanggar aturan tersebut sebesar Rp 50.000.

Sumber: https://www.motorplus-online.com/read/253351864/akhirnya-terungkap-pemotor-yang-kena-tilang-etle-di-jalanan-sawah-mengakui-kesalahannya-karena-apa?page=all

You may also like...

Popular Posts