Polres Sumenep Pasang Empat Kamera ETLE di Empat Titik Jalan

Para pengendara bermotor di Kota Keris perlu berhati-hati ketika melakukan perjalanan. Sebab, selain penerapan mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR), saat ini bakal juga menerapkan tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti Sutioningtyas mengatakan, penerapan INCAR dan ETLE untuk mengawasi seluruh kelengkapan pengendara, misalnya membaca identitas pelanggar dari pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) termasuk surat izin pengendara (SIM).

“Kamera CCTV (closed circuit television) mulai terpasang. Tetapi, kamera itu masih belum konek ke ETLE, saat ini masih dalam proses ke Korlantas (Korp Lalu Lintas),” katanya, Minggu (26/6/2022).

Dijelaskan, ada empat CCTV yang ditempatkan di empat titik jalan, yakni, pertigaan Jalan Bangkal, pertigaan Jalan Wiraraja, pertigaan lingkar barat jurusan Lenteng-Batuan, perempatan Jalan Kota.

“Jangan lupa helm dan sabuk pengaman mobil dipakai serta kelengkapan lainnya dibawa. Nantinya juga ketahuan siapa saja yang tidak memiliki SIM. Bagi yang tidak punya SIM nantinya dapat terekam,” ujarnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Sumenep AKP Lamudji mengatakan, penerapan tilang elektronik bakal lebih cepat, serta dapat memantau pengendara termasuk keberadaan kamera ETLE di empat titik lokasi bakal diterapkan.

“Pengendara yang dapat e-tilang yang terjerat pada masyarakat ada 1932 pelanggar dan yang terkonfirmasi ada 553 pelanggar. Jadi penerapan e-tilang jauh lebih optimal,” tuturnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya mengakui, kamera CCTV ETLE di empat titik lokasi sudah terpasang dengan aman. Untuk mengenai penerapan tilang elektronik itu pihaknya memasrahkan sepenuhnya kepada kepolisian.

“Kami hanya menyediakan bahannya kamera CCTV itu, terkait penerapannya pihak Polres Sumenep yang tahu,” tutupnya

Diketahui, kamera ETLE ini juga menjadi solusi ketika mobil yang melanggar lalu lintas digunakan oleh orang lain. Contohnya adalah mobil rental yang digunakan banyak pengemudi. Dengan ETLE yang bisa meng-capture retina nantinya, maka identitas pengemudi yang melanggar bisa diketahui, bukan cuma dari pemilik kendaraan.

Sumber: https://kabarmadura.id/polres-sumenep-pasang-empat-kamera-etle-di-empat-titik-jalan/

You may also like...

Popular Posts