Ilustrasi kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV). (MI/Pius Erlangga)

Polisi Catat 156 Pelanggar ETLE pada Operasi Patuh Krakatau 2022 di Bandar Lampung

Sebanyak 156 kendaraan melanggar lalu lintas tertangkap kamera pengawas electronic traffic law enforcement (ETLE) selama sembilan hari dalam operasi Patuh Krakatau tahun 2022.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Polresta Bandar Lampung, Ipda Gunawan mengatakan rata-rata pelanggar yang tertangkap layar oleh ETLE yaitu tidak menggunakan helm, tidak mengenakan safety belt, dan melawan arus.

“Pada satu titik ETLE dalam sehari bisa meng-capture pelanggaran sebanyak 50. Namun, yang bisa tervalidasi hanya 5-10 pelanggaran di lima titik ETLE yang terpasang,”ujarnya, melalui telepon, Selasa, 21 Juni 2022.

Gunawan melanjutkan, pihaknya juga mendapat kendala pembacaan plat nomor polisi karena pengendara tidak memasang plat nomor polisi (nopol), sehingga tidak bisa melakukan validasi.

“Petugas mengonfirmasi pelanggar tersebut dengan mengirimkan surat ke alamat pemilik kendaraan yang tercapture suatu data plat nomor kendaraan,”katanya.

Gunawan juga menjelaskan untuk pelanggar menerima validasi berupa surat pemberitahuan, pelanggar harus konfirmasi ulang dan bisa konfirmasi melalui barcode yang tertera di dalam surat.

“Jika pelanggar tidak membayar biaya pelanggaran yang ia perbuat dalam waktu beberapa minggu maka akan diblokir,”ujarnya.

Gunawan juga mengimbau masyarakat jika tidak paham cara menyelesaikan pelanggaran ETLE, bisa mendatangi unit pelayanan ETLE.

Sumber: https://m.lampost.co/berita-polisi-catat-156-pelanggar-etle-pada-operasi-patuh-krakatau-2022-di-bandar-lampung.html

You may also like...

Popular Posts