Bus Suroboyo saat melintas di jalanan Kota Surabaya

Anggota DPRD William Wirakusuma : Kota Surabaya Tak Perlu Separator Jalur Khusus Suroboyo Bus

SURABAYA – Kota padat kendaraan sekelas Surabaya saat ini belum membutuhkan jalur khusus transportasi umum, Suroboyo Bus,dan motor.

Jalur khusus dengan separator atau pembatas jalan di jalanan Kota Surabaya belum diperlukan.

Hal ini diungkapkan anggota komisi C DPRD Kota Surabaya William Wirakusuma.

Menurutnya, Kota Surabaya belum perlu pembatas jalan permanen untuk menentukan jalur khusus kendaraan umum dengan kendaraan pribadi.

“Tidak perlu,” kata William, Kamis (27/1/2022).

Saat ini sudah ada cat pembatas jalan. Bukan separator cor. Tanda itu sudah cukup.

Menurut William, justru inilah pentingnya penanda itu tanpa pembatas semen agar menumbuhkan budaya disiplin pengguna jalan.

“Yang mendesak saat ini adalah mari semua berdisiplin. Yang dibutuhkan polisi harus menindak tegas pelanggar rambu itu dengan e-Tilang CCTV. Tak perlu tindak di tempat,” kata William dari Fraksi PSI.

Saat menggelar rapat koordinasi dengan DPRD, Kapolrestabes Surabaya Kombespol Akhmad Yusep Gunawan akan mengembangkan Program e-Tilang CCTV.

Tilang dengan “surat cinta” diantar ke rumah itu terus berjalan.

William menyebut perlunya pengawasan lajur khusus roda dua dan angkutan umum serta penegakan aturan pembatasan kecepatan di Kota Surabaya.

Jika semua disiplin, Kota Surabaya tidak macet.

William menjelaskan, banyak pengendara tidak menyadari jika dirinya telah melakukan pelanggaran dan terekam kamera tilang elektronik.

Untuk itu perlu adanya lampu blitz yang di pasang pada kamera tilang elektronik.

Hal ini membuat pengendara dapat mengetahui pengendara telah melakukan pelanggaran.

“Kalau dipasang lampu blitz maka pada saat kena foto tilang pengendara tahu bawa dia ditilang. Sehingga tidak kaget ketika mendapatkan surat tilang. Ketika tahu kalau terfoto tentunya pelanggar tidak akan mengulangi di titik berikutnya,” kata William.

Sumber: https://surabaya.tribunnews.com/2022/01/27/anggota-dprd-william-wirakusuma-kota-surabaya-tak-perlu-separator-jalur-khusus-suroboyo-bus?page=all

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.