Polda Tambah Lokasi Tilang Elektronik

SERANG – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten menambah tiga titik lokasi kamera untuk tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada 2022.

“Program penambahan ETLE tahap dua Ditlantas Polda Banten pada tahun 2022 ini ada beberapa titik,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Banten Komisaris Polisi (Kompol) Kamarul Wahyudi, Minggu (23/1).

Tiga titik tersebut berada di Jalan Raya Serang – Jakarta, tepatnya di depan pintu keluar Mall of Serang (MOS), Simpang empat Kebon Jahe, Kota Serang, Simpang empat Ciruas (depan Polsek Ciruas) di Kabupaten Serang. “Untuk di simpang empat Ciceri, Kota Serang merupakan optimalisasi dari ETLE manual menjadi ETLE otomatis,” kata Kamarul.

Saat ini, tiga titik tersebut sudah mulai dipasang kamera yang terkoneksi ke ruang kontrol tilang ELTE di Mapolda Banten. Namun, pihaknya masih menunggu izin operasionalnya dari Korlantas Mabes Polri. “Saat ini sedang proses pemasangan peralatan dan untuk operasional ETLE tahap dua ini masih menunggu perintah dari Korlantas,” ujar mantan Kapolsek Curug, Kota Serang tersebut.

Setelah mendapatkan izin operasional, maka Polda Banten sambung Kamarul akan melakukan sosialisasi dan uji coba penerapan ETLE tahap dua tersebut. “Nanti kami akan sosialisasikan lagi,” ungkap mantan Kasat PJR Ditlantas Polda Banten tersebut.

Dijelaskan Kamarul, penerapan ETLE tahap pertama sejak 1 April 2021 sangat efektif untuk melakukan penindakan kepada pelanggar lalulintas. Pada tahap pertama dipasang di lampu merah Ciceri, Sumur Pecung, dan Pisang Mas Kota Serang. “Selama tahun 2021 sebanyak 17.492 pelanggar dikenakan sanksi berupa tilang,” kata Kamarul.

Jenis pelanggaran yang akan dikenakan penindakan tilang elektronik adalah pengendara yang tidak menggunakan sabuk keselamatan, menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan helm.

“Kemudian pengendara melanggar marka jalan, melanggar trafic light, dan kendaraan Over Dimension Over Loading (ODOL),” tutur Kamarul.

Sumber: https://www.radarbanten.co.id/polda-tambah-lokasi-tilang-elektronik/1/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *