Polres Gresik Siap Berlakukan ETLE alias Tilang Elektronik

Satlantas Polres Gresik siap memberlakukan Electronic Traffic Law Enforcemet (ETLE) atau tilang elektronik bagi pengguna jalan. Sebagai bentuk kesiapannya, Satlantas setempat melaksanakan kegiatan peninjauan dan pengecekan kamera CCTV ETLE.

Ada 15 titik jalan utama yang dipasang kamera CCTV guna memantau arus lalu-lintas. Bahkan, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto meninjau langsung ke lokasi yang dipasang CCTV ETLE.

Sejumlah jalan utama yang telah dipasang CCTV ETLE diantaranya Jalan Raya Duduksampeyan, Simpang Tiga exit Tol Kebomas, Simpang Tiga Perum GKB, Jalan RA Kartini. Selanjutnya, Simpang Empat Nippon Paint, Simpang Empat Sidomoro, Giri, Sumber, Bunder, Tenger, GNI, Sukorame, Simpang Empat Pasar Gresik, dan Putat.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto melalui Kasatlantas AKP Yanto Mulyanti menuturkan, pemberlakuan ETLE ini sekaligus dalam rangka mendukung program presisi 100 hari Kapolri.

“Sebelum secara resmi diberlakukan kami akan mengedukasi dulu ke masyarakat terkait dengan tilang elektronik,” tuturnya, Kamis (18/02/2021).

Adapun tujuan akan diberlakukannya ETLE ini lanjut dia, sebagai upaya preventif untuk menekan adanya pelanggaran lalu lintas. Baik itu secara kuantitas maupun kualitas.

“Agar masyarakat lebih tertib dalam berkendara tanpa pengawasan petugas. Untuk itu, edukasi maupun sosialisasi kepada masyarakat terus dilakukan sekaligus
mematuhi protokol kesehatan dengan pola hidup sehat dengan mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan sabun, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas,” pungkasnya.

Menanggapi akan diberlakukannya ETLE ini. Salah satu pengguna jalan Loudri Prayoga (25) asal Kelurahan Sidomoro, Gresik menyatakan dirinya sangat setuju tilang elektronik ini diterapkan. Pasalnya, pengguna jalan seperti dirimya akan lebih disiplin lagi sebelum menggunakan kendaraan bermotor.

“Saya sih mendukung aja tapi kalau boleh usul ada sosialisasi dulu secara masiv supaya masyarakat tidak kaget saat ETLE diberlakukan,” tandasnya.

sumber : https://beritajatim.com/hukum-kriminal/polres-gresik-siap-berlakukan-etle-alias-tilang-elektronik/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *