Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan Resmi Jabat Kapolrestabes Surabaya, Pernah Bongkar Prostitusi Artis VA

Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya resmi berganti. Pergantian jabatan Kepala Polrestabes Surabaya itu berlangsung secara seremonial dengan menerapkan protokol kesehatan ketat serta dihadiri personel secara terbatas pada Senin (9/8/2021) petang.

Usai kegiatan serah terima jabatan, Kapolrestabes Surabaya saat ini, yakni Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, dirinya akan mengemban amanah dari instansi Polri dan memegang wilayah hukum Kota Surabaya.

Ia mengaku akan menjalankan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) Kapolrestabes sebelumnya dalam menerapkan prokes, meningkatkan tracing, testing, dan treatment (3T) serta keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) Kota Pahlawan.

“Atas seizin Pak Kapolda Irjen Pol Nico Afinta, saya resmi jadi Kapolrestabes Surabaya. Saya secara pribadi dan keluarga mohon doa restu dan dukungan hingga kami dapat melaksanakan tugas untuk memimpin Polrestabes Surabaya dalam rangka harkamtibmas dan tugas kepolisian, khususnya di masa pandemi,” kata Yusep, di Mapolrestabes Surabaya, Senin (9/8/2021).

Yusep menuturkan, pengendalian pandemi Covid-19 di Kota Surabaya merupakan tugas yang diprioritaskan sejak dirinya menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya.

“Pengendalian Covid-19 adalah hal prioritas sesuai arahan Presiden yang ditindaklanjuti Kapolri dan Kapolda. Maka, pengendalian Covid-19 prioritas. Kesehatan, ekonomi adalah prioritas. Sosial masyarakat juga demikian,” tutur Yusep.

“Kami bersama Pemkot dan stakeholder dengan masyarakat mohon doanya. Dalam konteks kepolisian, kami akan melayani secara prima mendasari pemenuhan empati dan merespons kebutuhan yang dibutuhkan,” ujar dia.

Dia mengatakan, strategi penanganan Covid-19 tengah ditindaklanjuti selama dirinya menjabat. Artinya, 3T secara khusus akan diperkuat agar penyebaran angka kasus Covid-19 bisa ditekan. Yusep lantas berpesan kepada Kombes Pol Johnny Eddizon Isir yang hendak mengemban tugas baru sebagai Wakapolda Sulawesi Utara.

“Kami, atas nama keluarga besar insan Bhayangkara dan Surabaya berterima kasih atas apa yang telah dilakukan Kombes Pol Johnny Eddizon Isir. Kami doakan beliau bersana istri dan keluarga dapat kebahagiaan dan kemudahan dalam tugas ke depan,” kata Yusep.

Kombes Pol Johnny Edizon Isir mengaku sedih sekaligus senang sebelum meninggalkan jabatan yang diemban selama 1 tahun, 2 bulan, 7 hari tersebut. Dia menyatakan, banyak pesan dan kesan serta beragam kenangan sedari dirinya menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya.

“Terima kasih pada Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, selaku Sikatan 1 (Kapolrestabes Surabaya). Saya atas nama pribadi dan keluarga terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya atas unjuk kinerja dan kerja sama baik rekan di polres dan polsek selama saya bertugas,” kata Isir.

“Saya berharap, dukungan kerja sama dan unjuk kinerja dari rekan-rekan. Saya menyadari, sebagai manusia biasa ada kekurangan, mohon maaf jika dalam proses interaksi saya, ada yang menyakiti rekan-rekan. Atas nama pribadi, saya meminta maaf dan mohon dukungan,” ujar Isir.

Isir optimistis, Polrestabes Surabaya di bawah kepemimpinan Yusep bisa lebih baik, melampaui kinerjanya selama ini.

“Semoga akan lebih dinamis. Sehingga, target vaksinasi September maksimal Oktober, warga Surabaya seluruhnya sudah tervaksin. Demikian juga akhir Desember 2021, laju penyebaran Covid-19 di Surabaya dikendalikan dengan efektif,” tutur dia.

Rekam jejak

Untuk diketahui, Kombes Pol Yusep Gunawan ditunjuk sebagai Kapolrestabes Surabaya menggantikan Kombes Pol Johnny Eddizon Isir yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Utara. Pria kelahiran Tasikmalaya, 6 Desember 1973 dan berdarah Sunda itu adalah alumni Akpol 1993.

Ada sejumlah jabatan yang telah diemban Yusep sedari masuk dalam instansi Polri, mulai dari Kapolres Jombang (2014), Kapolres Kediri (2016), Direktur ReserseKriminal Khusus Polda Jatim, Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadireskrimsus) Polda Metro Jaya, Kapolres Bandara Soetta (2018) dan Kabag Renmin Divkum Polri (2020).

Yusep sendiri dikenal sebagai sosok yang berprestasi, innovatif, dan kreatif. Sebab, ada segudang inovasi yang telah dibesut selama menjabat di setiap jabatannya.

Misalnya, ketika menjabat sebagai Kapolres Jombang (2014), Yusep memperkenalkan program Penurunan Berat Badan (PBB).

Dalam program razia ‘polisi gendut’ itu, ia ingin menggembleng kinerja polisi di wilayah Jombang menjadi lebih baik dengan porsi tubuh yang ideal. Nama Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan melambung saat dirinya menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Jatim membongkar prostitusi artis dengan tersangka VA.

Selain VA, sederet nama artis dan selebgram juga diungkap kala itu. Lalu, ketika menjabat Kapolres Kediri (2016), dirinya meluncurkan layanan elektronik tilang (e-Tilang) dan mempermudah para pelanggar lalu lintas dalam membayar denda lalu diadopsi Mabes Polri dan diterapkan pada 16 Polda.

Selanjutnya, ia kembali memperkenalkan aplikasi berbasis IT untuk mempermudah pengaduan masyarakat, SPKT, SIM, polisi nakal, hingga SKCK.

Tak hanya itu, ia lantas membuat Communication Command Center, yakni pusat kendali komunikasi yang dapat memantau titik-titik rawan kejahatan, kecelakaan, hingga beragam pelanggaran lalu lintas melalui CCTV di setiap sudut kota/kabupaten.

Ketika menduduki Wakil Kepala Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Yusep turut serta mencetuskan program Sistem Informasi Perlindungan Konsumen (SISPEK) yang berisi tentang informasi aneka produk yang dibutuhkan masyarakat sebagai konsumen.

Lalu, Polri mengembangkan sistem dengan menggandeng perusahaan IT, dalam hal ini Microsoft Indonesia.

Kini, dirinya didapuk menjadi Kapolrestabes Surabaya menggantikan kepemimpinan Kombes Pol Johnny Eddizon Isir.

sumber : https://regional.kompas.com/read/2021/08/09/220405878/kombes-pol-akhmad-yusep-gunawan-resmi-jabat-kapolrestabes-surabaya-pernah?page=all

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *