Daftar 9 Persimpangan di Kota Bandung yang Siap Terapkan Tilang Elektronik

Tilang elektronik atau e-TLE akan segera diberlakukan di Kota Bandung. Nantinya ada 9 ruas jalan utama yang akan ditempel CCTV untuk penerapan program tanpa tilang gagasan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo tersebut.

‎Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP M Rano Hadianto didampingi Kanit Turjawali Polrestabes Bandung AKP Anang Suryana membenarkan hal tersebut. Menurut Rano 9 titik ini akan difokuskan di persimpangan-persimpangan di Kota Bandung.

“Ke-9 titik tersebut berada di sejumlah persimpangan di antaranya Simpang Buahbatu, Simpang Pelajar Pejuang-Turangga atau Martanegara-Lingkar Selatan. Selain itu dipasang juga di Simpang Ahmad Yani-Riau, Simpang Pahlawan-Surapati, Simpang Dago-Cikapayang, Simpang Pasteur, Simpang Asia Afrika-Otista dan Simpang Lima Kosambi,” kata Rano di‎ Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung pada Senin 1 Februari 2021.

Rano juga menyatakan di persimpangan-persimpangan tersebut sudah dipasangi CCTV. Hanya saja hingga kini masih banyak persiapan-persiapan yang harus dilakukan sebelum diberlakukan.

“Awalnya mungkin sosialisasi dulu pada masyarakat,” katanya.

Meski demikian lanjut Rano, pemberlakuan e-TLE belum bisa dipastikan kapan dimulainya di Kota Bandung.

“Kami juga masih menunggu keputusan dari pimpinan kapan tilang elektronik ini diberlakukan. Apalagi banyak yang harus dipersiapkan,” katanya.

Oleh karena itu Rano berharap masyarakat nantinya bisa lebih berhati-hati dalam penggunaan kendaraan bermotor.

“Kami meminta partisipasi masyarakat, jangan lagi parkir sembarangan, menembus lampu merah dan lakukan pelanggaran lainnya. Nanti ada CCTV yang bisa menjadi dasar hukum untuk tilang secara elektronik,” katanya.

Warga Kota Bandung asal Antapani, Nicko (38) mengaku ada kelebihan dan kekurangan dari tilang elektronik tersebut. Terutama apabila ada pelanggaran yang tidak disadari pengguna jalan.

“Jadi khawatir ada tagihan tiba-tiba ke kami,” katanya.

Namun di sisi lain kata dia, dengan sosialisasi yang masif masyarakat akan lebih tertib dalam berlalu lintas. Terlebih beberapa waktu Kota Bandung sempat menjadi salah satu kota termacet di Indonesia.

“Jadi diharapkan tak ada lagi sepeda motor misalnya yang mengambil jalur mobil misalnya,” katanya.

sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-011365674/daftar-9-persimpangan-di-kota-bandung-yang-siap-terapkan-tilang-elektronik

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *