Singkawang Akan Terapkan Tilang Elektronik, Hadapi Kendala CCTV

Polres Singkawang, Kalimantan Barat akan menerapkan tilang elektronik. Hal tersebut sesuai program kerja 100 hari kapolri.

“Tilang elektronik ini adalah merupakan salah satu program 100 hari kerja bapak kapolri di bidang penegakan hukum khususnya di bidang lalu lintas,” ujar Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Syaiful Bahri, Senin (22/3/2021).

Menurutnya, penerapan tilang elektronik akan memudahkan tugas polisi dalam menindak pelanggar lalu lintas. Satlantas Polres Singkawang pun saat ini sedang melakukan perencanaan terkait penerapan tilang elektronik.

Salah satu yang dipersiapkan yakni ketersediaan CCTV untuk memantau pengendara. Polres Singkawang tidak memiliki CCTV yang cukup untuk memantau dengan maksimal.

Kendati demikian, kata dia, Polres Singkawang akan melakukan MoU dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Komunikasi dan Informasi Singkawang untuk bersama-sama membangun sistem infrastruktur pemantauan tilang elektronik.

“Kita juga akan didukung oleh Elektronik Registration Identification (ERI) yang sudah ada di Satlantas Polres Singkawang, sehingga kita bisa mengecek data kendaraan dari nomor polisinya melalui data ERI kita,” ujarnya.

Menurutnya, Satlantas Polres Singkawang sudah menggunakan data ERI secara nasional. Semua data kendaraan bermotor ada di dalam ERI tersebut.

Satlantas Polres Singkawang juga akan melakukan MoU dengan para stakeholder apabila sarana dan prasarana ini didukung.

Kemudian juga disiaplam master dan trainer untuk melakukan training kepada operator dan petugas e-Tle.

“Tentunya kita juga akan melakukan pilot projeck (percontohan) dibeberapa ruas jalan yang ada di Kota Singkawang untuk penerapan e-Tilang dengan didahului sosialisasi ke masyarakat,” tuturnya.

Sumber : https://kalbar-inews-id.cdn.ampproject.org/v/s/kalbar.inews.id/amp/berita/singkawang-akan-terapkan-tilang-elektronik-hadapi-kendala-cctv?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *