Polisi dan Dishub Bahas Penerapan Tilang Elektronik di Kota Bekasi

Jajaran Polres Metro Bekasi dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi tengah membahas rencana pemberlakuan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) nasional.

Saat ini, kedua pihak tengah membahas tempat mana saja yang akan dipasangkan kamera pemantau guna pemberlakuan ETLE.

Hal tersebut dikatakan Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Alfian Nurrizal. “Dalam Minggu ini segera mungkin kita akan bicarakan karena kan harus kerja sama dengan Dishub,” kata Alfian, Senin (1/2/2021).

Nantinya, Polres akan mengacu pada statistik kecelakaan lalu lintas pada tahun 2019 dan 2020.

Berdasarkan data tersebut, petugas akan memasangkan kamera di lokasi yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Jadi kita lihat perbandingan (angka kecelakaan) tahun 2019 tahun 2020. Nah ini pelanggaran yang sering terjadi di mana saja. Terus untuk pelanggaran itu dari usia dilihat terus porfesi juga akan kita analisa, nanti kita akan tentu kan,” terang Alfian.

Nantinya, kamera tersebut akan dipantau langsung oleh Pemkot Bekasi dan Polres Metro Bekasi Kota.

Pemkot hanya bertugas melakukan pemantauan, sedangkan polisi memberikan sanksi tilang jika ditemukan pelanggaran lalu lintas.

Dalam waktu dekat, Alfian memastikan peraturan ini akan rampung dan diberlakukan

“Saya berharap masyarakat lebih dewasa, lebih meninggikan disiplin dalam lalu lintas dan meningkatkan kesadaran. Karena kecelakaan berawal dari pelanggaran tersebut,” jelas Alfian.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono sebelumnya resmi membentuk satuan tugas (Satgas) tilang elektronik nasional.

Langkah ini merupakan respons dari salah satu program 100 hari Kapolri baru, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, yang akan mengedepankan tilang elektronik agar polisi lalu lintas tak lagi melakukan penindakan di lapangan.

“Setelah pelantikan, Bapak Kapolri menyampaikan commander wish pada jajaran. Salah satunya di bidang lalu lintas dan penegakan hukum berbasis IT. Nah khususnya masalah penegakan hukum di bidang IT kami menindaklanjuti untuk membuat program penegakan hukum yang kita sebut ETLE,” ujar Istiono mengutip NTMC, Sabtu (30/1/2021).

Sesuai dengan namanya, Istiono menjelaskan bila Satgas ETLE Nasional memiliki fungsi untuk mempersiapkan fasilitas tilang elektronik secara nasional di jalan raya. Pembentukannya tak lama usai pelantikan Kapolri.

Istono menjelaskan untuk tahap awal, Korlantas akan meluncurkan ETLE nasional di tiga Polda dan empat Polresta.

Mulai dari Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Riau, Polresta Gresik, Polresta Jambi, Polresta Balam, dan Polresta Padang.

sumber : https://megapolitan.kompas.com/read/2021/02/01/16522051/polisi-dan-dishub-bahas-penerapan-tilang-elektronik-di-kota-bekasi?page=all

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *