Catat Nih, Tilang Elektronik Berlaku 1 Februari untuk Motor

Tilang Elektronik atau E-TLE untuk pengendara motor akan diberlakukan pada Februari 2020. Saat ini kegiatan sosialisasi tilang elektronik sudah berjalan.

“Rencana mulai tanggal 1 Februari 2020 akan melaksanakan penindakan tilang elektronik terhadap pengemudi sepeda motor,” kata Direktur Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf di Polda Metro Jaya, Senin (27/1).

Yusuf mengatakan, penindakan terhadap kendaraan roda dua menggunakan sistem tilang elektronik dilakukan di ruas jalan yang sudah terpasang rambu-rambu E-TLE.

Untuk saat ini pelanggar tetap mendapatkan surat berisi bukti pelanggaran yang dilakukan, hanya saja surat tersebut masih sebatas peringatan.

“Kami kirim pemberitahuan ke alamat pelanggar bahwa pada tanggal sekian saudara melaksanakan pelanggaran, jenis pelanggarannya seperti ini. Kami belum tindak secara tilang, masih pemberitahuan,” katanya.

Dia mengatakan, tilang elektronik untuk kendaraan roda dua dan roda empat mempunyai prosedur yang sama. Mulai dari tertangkap kamera hingga pemblokiran STNK.

“Prosedurnya sama dengan kami melaksanakan tilang elektronik untuk roda empat kemarin, mulai dari ter’capture”, konfirmasi, kemudian dia harus merespons. Kalau tidak ada respons, ya kita lakukan blokir terhadap STNK,” tandasnya.

Kendaraan yang terkena pemblokiran STNK tidak akan bisa melakukan pembayaran pajak, pindah alamat dan sebagainya. Pelanggar harus membayar denda tilang dulu sesuai pelanggaran yang dibuat.

Pada akhirnya tujuan penerapan tilang elektronik untuk sepeda motor ini menekan angka pelanggaran lalu lintas. Yusuf mengatakan, kecelakaan lalu lintas dan kemacetan berawal dari pelanggaran lalu lintas.

Sumber : https://www.genpi.co/berita/34173/catat-nih-tilang-elektronik-berlaku-1-februari-untuk-motor

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *