Tilang Elektronik di Medan Tunggu Kebijakan Pusat

Sejumlah daerah di Indonesia sudah menerapkan Tilang elektronik atau Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE) sejak Desember 2018. Namun penerapan di Kota Medan masih menunggu kebijakan dari pusat.

“Itu kebijakan pusat. Nanti dari pusat ke Dirlantas sampai ke wali kota. Sejauh ini belum,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Medan Renward Parapat, Senin (18/3).

Sejauh ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan terus meningkatkan sarana dan prasarana di jalan. Kamera pengintai hampir ada di setiap persimpangan jalan protokol ataupun jalur padat lalu lintas.

Angka pelanggaran lalu lintas memang semakin menurun sejak diberlakukannya ETLE beberapa di sejumlah daerah. Di Medan, pengurangan angka pelanggaran salah satunya dengan imbauan humanis.

Area Traffic Control System (ATCS) Kota Medan juga memberi imbauan kepada para pelanggar di persimpangan. Video-video imbauan yang unik juga diunggah ke media sosial.

Cara tersebut diklaim cukup efektif memberikan efek jera kepada para pelanggar lalu lintas. “Jadi memang kami kreasikan. Tapi kami ingatkan petugas, imbauannya yang tidak menyakiti orang lain,” ungkapnya.

Sosialisasi di media sosial juga cukup efektif. Cara seperti itu akan terus dilakukannya sampai dampaknya benar-benar signifikan. “Yang jelas, jangan sampai ada lagi pelanggaran di persimpangan. Kalau kota semakin disiplin, maka lalu lintas semakin rapi,” ucap Renward.

sumber : https://www.jawapos.com/jpg-today/18/03/2019/tilang-elektronik-di-medan-tunggu-kebijakan-pusat/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *