Pemasangan 10 Kamera ETLE Diharapkan Perpendek Headway Bus Transjakarta

Sebanyak 10 kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enfocement (ETLE) sudah terpasang di jalur bus Transjakarta. Diharapkan dengan adanya ETLE di jalur bus Transjakarta bisa mengurangi penyerobot jalur sehingga headway di jalur khusus tersebut bisa semakin lancar.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, ada 10 titik kamera yang sudah terpasang di jalur bus Transjakarta. Bila sebelumnya hanya ada dua di Jalan Mampang Prapatan kali ini sudah terpasang dan telah bisa melakukan penindakan.

“Kita harapkan masyarakat juga mengetahuinya dan tidak lagi masuk ke jalur tersebut,” kata Sambodo kepada wartawan Selasa (23/3/2021)

Ke 10 lokasi baru untuk kamera ETLE di jalur busway adalah, Benhil arah Blok M, Bidara Cina Arah Otista, Dispenda arah HCB, Pasar Rumput arah Pulogadung, Salemba arah Ancol, SMK 57 arah Ragunan, Duren Tiga arah Kuningan, Pos Pengumben arah Lebak Bulus, Wali Kota Jakarta Timur arah Kampung Melayu dan Pancoran Barat. “Denda yang kita terapkan adalah denda maksimal, dan bila tidak membayar denda maka akan dilakukan pemblokiran,” tegasnya.

Tercatat ada dua koridor yang ingga saat ini masih sulit dilakukan steriliasi yaitu koridor VI dan IX. Di dua koridor ini banyak pengendara yang tetap menerobos jalur yang dibuatkan khsusus untuk bus Transjakarta tersebut, bahkan para pelanggar juga tidak peduli dengan keberadaan petugas.

“Banyak juga pengendara sepeda motor yang melawan arah untuk menghindari petugas, ini selain menghambat perjalanan buswa tindakan pengendara sepeda motor itu juga membahayakan dirinya,”tuturnya. Dia melanjutkan, untuk itu pihaknya bersama PT Transjakarta selaku operator melakukan terobosan untuk mengambil tindakan sterilisasi yaitu dengan ETLE di koridor VI jurusan Dukuh Atas-Ragunan.

Kamera yang terpasang ini adalah salah satu bentuk sterilisasi yang dilakukan oleh PT Transjakarta dan Polda Metro Jaya dalam melaksanakan peningkatan pelayanan dengan memperpendek headway.

Sumber : https://metro.sindonews.com/read/373884/170/pemasangan-10-kamera-etle-diharapkan-perpendek-headway-bus-transjakarta-1616493807

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *