Penerapan Sistem Tilang Elektronik Sudah Sewajarnya Diterapkan di Seluruh Daerah

Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) Edo Rusyanto mengatakan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 22 tahun 2020 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), teknologi harus bisa dimanfaatkan dalam setiap penegakan hukum di jalan raya.

Artinya, penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) sangat dianjurkan diterapkan di seluruh daerah di Indonesia.

Diketahui sebelumnya, sejumlah perempatan di kota Bandung dipasangi lampu blitz atau flash guna membantu pencatatan bukti pelanggaran lewat sistem tilang elektronik.

“Bisa dibilang bergembira, bisa dibilang memang harus sewajarnya (ada e-tle-red) karena amanat UU 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan kan memberi amanat untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam penegakan hukum di jalan raya,” kata dia saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu (26/9/2020).

Ia mengatakan, jika tujuan dari di terapkannya sistem tilang elektronik adalah mewujudkan sistem transportasi yang nyaman, makan hal itu perlu direalisasikan.

“Jika itu tujuannya untuk mewujudkan budaya lalu lintas yang aman, nyaman, selamat, dan semakin humanis hubungan jalan kita, maka sebaiknya seluruh wilayah di Indonesia menerapkan sistem yang sama,” jelasnya.

Di samping itu, Edo menegaskan teknologi harus dibarengi juga dengan pemahaman di masyarakat. Pasalnya, jika pemahaman warga terkait dengan perilaku berlalu lintas masih diabaikan maka teknologi tidak akan banyak membantu.

“Di Jakarta misalnya, dengan adanya 12 kamera cctw untuk e-tle, kemudian di tambah 45 sehingga jadi 57 kamera cctv dalam kaitan penegakan hukum dengan sistem elektronik, tentu Jakarta yang luas tidak cukup,” tutur Edo.

Karenanya, ia berharap setiap elemen gencar melakukan sosialisasi terkait keselamatan berlalu lintas. Agar, lanjutnya, mekanisme dan sistem tilang elektronik dapat dipahami oleh masyarakat secara luas.

“Warga juga harus tahu mekanismenya. Oleh karena itu, harus disosialisasikan secara masif,” tutupnya.

sumber : https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-13777028/penerapan-sistem-tilang-elektronik-sudah-sewajarnya-diterapkan-di-seluruh-daerah

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *