Siap-siap! Tilang Elektronik di Kabupaten Bekasi Berlaku Mulai 17 Maret

Penerapan tilang elektronik atau electronic-traffic law enforcement (e-TLE) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, diberlakukan pertengahan Maret 2021. Kamera e-TLE akan dipasang di titik-titik strategis.

“Sat Lantas Restro Bekasi akan memasang kamera e-TLE di perempatan Jalan RE Martadinata, tepatnya depan perempatan SGC, di titik tersebut akan dipasang kamera yang akan me-record kendaraan yang melalukan pelanggaran,” ujar Kasat Lantas Polres Metro Bekasi AKBP Ojo Ruslani kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

“Tanggal 17 (Maret diterapkan e-TLE),” lanjutnya.

Ojo menyebut pemasangan kamera e-TLE di perempatan SGC dinilai dapat merekam sejumlah pelanggaran, baik kendaraan yang mengarah ke Karawang ataupun ke arah Jakarta. Kamera beroperasi 24 jam.

“(Kamera e-TLE akan mencatat) Pelanggaran marka jalan, penggunaan HP, saat mengemudi, safety belt dan lain-lain,” tutur Ojo Ruslani.

Saat ini, kata Ojo, polisi sedang melakukan sosialisasi penerapan tilang elektronik. Di kesempatan yang sama, Ojo juga menjelaskan mekanisme tilang elektronik.

Mulanya, pengendara yang melanggar, pelat kendaraannya akan terekam kamera e-TLE. Polisi secara otomatis akan menerima database pelanggar.

“Jenis apa, pemiliknya siapa, serta alamatnya dimana. Kita akan kirimkan suratnya ke alamat tersebut dan nanti dilakukan penilangan,” jelas Ojo.

“Penyelesaian tilang dilakukan pembayaran di Bank BRI dan bila tidak diselesaikan maka kendaraan tersebut akan diblokir di Kantor Samsat,” lanjutnya.

Ojo berharap dengan penerapan tilang elektronik ini mampu menurunkan jumlah pelanggaran di jalanan. Tilang elektronik ini sesuai dengan program dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Ke depan akan dikembangkan lagi dengan cara menambah titik-titik jalan tertentu yang akan dipasang kamera E-TLE dan bisa mencapai 10 titik lainya seperti di Lippo Cikarang, Delta, Ki Hajar Dewanto dan lain-lain,” tutur Ojo.

sumber : https://news.detik.com/berita/d-5481048/siap-siap-tilang-elektronik-di-kabupaten-bekasi-berlaku-mulai-17-maret

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *