Dikaji, Pemberlakuan Tilang Elektronik di Jalur Puncak

Polres Bogor tengah mengkaji pemberlakuan sistem tilang elektonik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bersama pemerintah daerah. Jalur Puncak Bogor akan menjadi prioritas pembelakukan ETLE.

Kasat Lantas Polres Bogor Iptu Dicky Pranata menuturkan, saat ini Polres Bogor masih melakukan kajian bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terkait infrastuktur.

“Kami masih melakukan kajian. Tidak hanya polisi. Karena, penerapan ETLE membutuhkan koordinasi dengan Dispenda, Dishub,” papar Dicky, Selasa (16/3/2021).

Kata dia, yang menjadi prioritas penerapan tilang elektronik yakni ruas Jalur Puncak dan pusat pemerintahan pemda di Cibinong. Berdasarkan data, dua ruas itu, lanjut Dicky, yang volume kendaraan cukup tinggi.

“Puncak dan Cibinong jadi prioritas. Untuk jumlah titiknya masih dilakukan pengkajian,” paparnya.

Dari sisi sumber daya manusia atau operator sistem nantinya akan dilakukan pelatihan. Secara kuantitas, personil Satlantas Polres sudah siap.

“Karena ini sistem, nantinya akan ada pelatihan,” tambah Dicky.

Terpisah, Polresta Bogor Kota juga masih mempersiapkan pembelakuan sistem tilang elektonik. Kasat Lantas Polresta Bogor, Kompol Andiyanto mengatakan saat ini Satlantas Polresta Bogor masih menunggu arahan dari Polda Jabar terkait penerapan tilang elektronik.

“Masih menunggu, khususnya alatnya dari Ditlantas Polda Jabar,” katanya.

Kata dia, saat ini Satlantas Polresta Bogor akan memulai dengan melakukan sosialisasi. Hal itu, dilakukan agar masyarakat tidak kaget.

“Sebagai tahap awal kita lakukan sosialisasi dulu. Untuk titiknya, kita tunggu arahan dari Polda nantinya,” tambah Andri.

sumber : https://www.beritasatu.com/megapolitan/746449/dikaji-pemberlakuan-tilang-elektronik-di-jalur-puncak

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *