Siap-Siap! Satlantas Solo Segera Berlakukan Kembali Tilang Elektronik Via CCTV

Program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau lebih terkenal sebagai tilang elektronik Kota Solo segera diaktifikan kembali setelah terhenti selama beberapa waktu.

Saat ini jajaran Satlantas Polresta Solo tengah melakukan perbaikan sistem dan closed circuit television (CCTV) yang telah terpasang pada banyak persimpangan Kota Bengawan. Ada beberapa perangkat CCTV yang rusak.

Kasatlantas Kompol Afrian Satya Permadi mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan penerapan ETLE sejalan dengan arahan Kapolri. “Kami akan terapkan e-tilang sesuai arahan Polri. Tapi masih ada beberapa perbaikan sistem dan kamera. Yang rusak berapa masih kami cek” ujarnya, Selasa (2/2/2021).

Kompol Afrian menjelaskan setidaknya ada 66 kamera CCTV untuk keperluan tilang elektronik yang telah terpasang di Kota Solo dan sempat beroperasi pada 2019. Nantinya jumlah CCTV akan ditambah pada ruas jalan yang belum dipasangi. “Selain penambahan nanti kami revitalisasi peralatan yang sudah rusak,” katanya.

Keberadaan kamera CCTV dan jaringannya membuat petugas bisa memantau arus lalu lintas. Jaringan CCTV terpusat di Ruang Traffic Management Control Polresta Solo. Jaringan itu menggunakan kamera yang berbeda dari kamera CCTV yang dioperasikan Dishub Solo.

Namun ke depan Afrian ingin jaringan CCTV untuk keperluan tilang elektronik Satlantas Polresta Solo bisa terintegrasi dengan jaringan CCTV milik Dishub. Sinkronisasi itu untuk efisiensi anggaran.

“Ada beberapa lokasi yang terpasang CCTV Dishub dan belum ada CCTV kami. Daripada pasang double kamera kan lebih baik kami lakukan sinkronisasi,” sambungnya.

Dari penjelasan Kasatlantas sebelumnya, Afrian mengatakan pada Juli 2019 kondisi kamera CCTV itu masih bagus. Yang menjadi kendala saat itu sistem perlu diperbarui.

Sementara ihwal penilangan dan pembayaran denda, Afrian menyatakan akan dilakukan dengan mengirimkan surat tilang ke rumah pemilik kendaraan sesuai STNK. Selanjutnya pemilik kendaraan harus membayar denda tilang dengan cara transfer via bank.

Namun sebelum membayar, ada proses konfirmasi terlebih dulu. “Jika kendaraan sudah pindah tangan kami minta nomor telepon. Nanti diblokir Samsat. Tak bisa bayar pajak bila belum bayar denda. Bayarnya lewat BRI Virtual Account,” urainya.

sumber : https://www.solopos.com/siap-siap-satlantas-solo-segera-berlakukan-kembali-tilang-elektronik-via-cctv-1105689

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *