Beri Penghargaan di Polda Kaltim, Kepercayaan Publik pada Polri Naik dari Hasil Sampling 800 Orang

Tingkat kepercayaan publik terhadap pelayanan Polri dinilai meningkat drastis.

Demikian diungkapkan Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edy Putra Hasibuan.

Sebagai wujud nyata apresiasi, Direktur Eksekutif Lemkapi, Edy Putra Hasibuan memberi piagam penghargaan di Kota Balikpapan yang diserahkan melalui Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Singgamata, Jumat (9/7/2021).

“Kemarin kami melakukan survei terakhir 100 hari Kapolri, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri saat ini adalah sangat drastis dari 82,9 persen menjadi 86,2 persen,” beber Edy kepada TribunKaltim.co.

Survei tersebut, lanjut Edy, dilakukan terhadap target survei sebanyak 800 orang dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil survei tersebut, ungkap Edy, publik secara dominan mengakui bahwa inovasi yang diusung oleh Polri dianggap memudahkan masyarakat.

Kata Edy, masyarakat mengharapkan ada pelayanan yang transparan serta tidak ada penyimpangan.

“Kemudian juga tidak ada penyalahgunaan kewenangannya,” sambung Edy.

e-TLE Paling Menonjol

Salah satu inovasi yang dinilai menonjol dari Polri ialah penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).

Dengan demikian, menurut Edy, disamping meminimalisir pungutan liar oleh oknum polisi.

Secara tidak langsung juga mendidik masyarakat agar tertib berlalu lintas.

“Itu membuat kita merubah perilaku berkendara kita semua,” katanya.

Dia pun mengharapkan kepada Polda Kaltim tidak berhenti untuk berinovasi.

“Terus meningkatkan kinerja,” pungkas Edy.

Polda Kaltim Godok Aplikasi e-Mutasi

Sisi lainnya, setelah aplikasi Samsat Kaltim Delivery dan Samsat Online Bhabinkamtibmas dinilai sukses, Ditlantas Polda Kaltim tengah menggodok aplikasi baru, yakni E-Mutasi.

Demikain disampaikan oleh Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Singgamata kepada TribunKaltim.co.

Dia mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut kini tengah dalam pembuatan.

“Jadi orang mutasi kendaraan tidak perlu lagi datang ke kantor Ditlantas,” ucap Singgamata, Jumat (9/7/2021).

Sebab, alternatif demikian yang dianggap relevan saat di tengah pandemi.

Tentu saja pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan, namun minim kerumunan saat pengurusan.

Saat nantinya diluncurkan, ia berharap animo masyarakat bisa sama seperti kedua aplikasi sebelumnya.

Sebagai informasi, baik aplikasi Samsat Kaltim Delivery dan Samsat Online Bhabinkamtibmas, ulas Singgamata, menembus angka 400 persen pada bulan kedua operasinya.

“Jadi kurang lebih 500 wajib pajak sudah menggunakan,” ucapnya.

Ia pun berharap, atas adanya inovasi ini, bisa memudahkan masyarakat untuk melakukan pengurusan administrasi kendaraannya.

“Sehingga di ruang pelayanan kita tidak ada pertemuan lagi,” ujarnya.

“Sekali lagi relevan dengan pandemi covid ini kita berusaha untuk tidak ada kerumunan,” pungkas Singgamata.

Sumber : https://kaltim.tribunnews.com/2021/07/09/beri-penghargaan-di-polda-kaltim-kepercayaan-publik-pada-polri-naik-dari-hasil-sampling-800-orang

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *