Pemkab Sidoarjo Alokasikan Dana Rp 8 Miliar untuk Beli Kamera Khusus Tilang Elektronik

Pemkab Sidoarjo mengalokasikan dana sebesar Rp 8 miliar untuk pengadaan kamera dengan spesifikasi khusus untuk penerapan Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo telah membuka lelang untuk pengadaan kamera khusus ETLE tersebut.

Itu terlihat dalam data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Sidoarjo.

“Ya, nilanya sebesar itu. Sekaligus untuk pemasangan di titik yang telah ditentukan,” kata Kepala Seksi Pengembangan Sarana dan Prasarana Dishub Sidoarjo, Rizal Asnan.

Rencananya, kamera itu akan dipasang di beberapa titik jalan di Sidoarjo. Yakni simpang empat Alun-alun Sidoarjo, simpang tiga Babalayar, dan simpang empat Celep.

Kamera itu lebih canggih dari kamera Closed Circuit Television (CCTV) biasa.

Dilengkapi dengan Automatic Number Plate Recognition (ANPR). Sehingga bisa mendeteksi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) secara otomatis.

Termasuk merekam dan menyimpan bukti pelanggaran.

Bahkan, kamera ini juga bisa merekam pengendara di dalam mobil yang menggunakan telepon genggam dan tidak memakai sabuk pengaman.

Kamera tersebut juga akan terkoneksi dengan sistem yang ada di Satlantas Polresta Sidoarjo. Sehingga bentuk pelanggaran yang tertangkap kamera akan langsung diproses pihak kepolisian.

Dishub lebih memiliki peran untuk penyediaan perlengkapannya. Karena alokasi anggaran itu memang masuk dalam pos APBD Sidoarjo tahun 2021 ini.

Selain untuk mengefisienkan kinerja polisi, pemberlakuan tilang elektronik juga untuk semakin menertibkan masyarakat. Utamanya dalam urusan lalu lintas.

Dengan pemberlakuan tilang elektronik maka diharapkan masyarakat terutama warga Sidoarjo bisa lebih tertib dalam berlalu lintas.

sumber : https://jatim.tribunnews.com/2021/07/06/pemkab-sidoarjo-alokasikan-dana-rp-8-miliar-untuk-beli-kamera-khusus-tilang-elektronik

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *