Tilang Elektronik: 3 Provinsi Terapkan Disiplin, 9 Provinsi Masih Sosialisasi

Sistem tilang elektronik sudah diberlakukan di 12 provinsi. Namun, baru tiga provinsi yang menerapkan disiplin pelanggaran lalu lintas.

“Yaitu Polda Metro Jaya, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Polda Jawa Timur,” kata Kasubditdakgar Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Abrianto Pardede saat dihubungi, Rabu, 24 Maret 2021.

Abrianto menyebut sembilan provinsi lainnya masih dalam sosialisasi. Yakni, Polda Jawa Barat, Polda Sulawesi Selatan, Polda Sulawesi Utara, dan Polda Sumatra Barat.

Kemudian, Polda Jawa Tengah, Polda Jambi, Polda Riau, dan Polda Lampung. Terakhir, yaitu Polda Banten. “Masih disosialisasikan ke masyarakat tentang akan berlakunya e-TLE (electronic traffic law enforcement),” kata dia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan e-TLE di 12 Polda di seluruh Indonesia. Sistem tersebut tersebar di 244 titik.

e-TLE tersebar di Polda Metro Jaya dengan 98 titik, Polda Jawa Timur dengan 55 titik, Polda Jawa Barat dengan 21 titik, dan Polda Sulawesi Selatan dengan 16 titik. Kemudian, Polda Sulawesi Utara dengan 11 titik, Polda Sumatra Barat dengan 10 titik, serta Polda Jawa Tengah dengan 10 titik.

Berikutnya, Polda Jambi dengan delapan titik, Polda Riau dengan lima titik, dan Polda Lampung dengan lima titik. Selanjutnya, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan empat titik, dan Polda Banten dengan satu titik.

“Kita akan kembangkan juga ke seluruh wilayah perkotaan baik di ibu kota madya maupun kabupaten,” kata Listyo di Gedung NTMC Polri, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa, 23 Maret 2021.

sumber  : https://www.medcom.id/nasional/hukum/JKRAMJ8k-tilang-elektronik-3-provinsi-terapkan-disiplin-9-provinsi-masih-sosialisasi

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *