Tilang Elektronik Berlaku di Jakarta, Pengendara Jadi Lebih Waspada

Tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) sudah kembali diberlakukan, Kamis (18/03/2021).

Sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta sudah dilengkapi dengan kamera tilang elektronik, di antaranya Kota Tua, Gajah Mada, MH Thamrin, Sudirman, Blok M, Senayan, Grogol, dan Pancoran.

Namun adanya kamera tilang elektronik yang terpasang di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota, belum memberikan efek jera terhadap pengendara, Hal ini terbukti dengan masih banyaknya pelanggaran lalu lintas yang terjadi.

Salah satu pengendara mengungkapkan bahwa dia masih merasa bingung dengan sistem penilangan elektronik.

“Bingung, enggak tahu bagaimana ketilangnya, prosesnya, terus masuk tilang ke mana,” ujar Arham kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis.

Hal ini menjadi alasan mengapa masih adanya beberapa pelanggaran, meskipun di ruas jalan sudah terpasang kamera tilang elektronik.

Sementara itu ada juga warga yang merasa lebih waspada saat melintasi ruas jalan yang dilengkapi dengan kamera tilang elektronik.

Hal ini diungkapkan oleh seorang driver ojek online, Indra. Menurutnya lebih baik waspada dan taat akan lalu lintas ketimbang harus membayar sanksi jika melanggar dan ditilang.

“Ya mending amanlah, soalnya rugi di kita juga nambah biaya lagi, enggak ditilang saja pas-pas an bang.” Kata Indra.

Pola kerja ETLE adalah, kendaraan pelanggar yang terekam kamera akan dikonfirmasi melalui surat yang dikeluarkan oleh Satuan Lalu Lintas di masing-masing wilayah. Dari nomor polisi kendaraan tersebut akan diketahui jenis kendaraan, pemilik serta lamatnya.

Surat tilang lantas dikirimkan ke pemilik kendaraan. Selanjutnya, untuk penyelesaian penilangan, pelanggar harus melakukan pembayaran denda di Bank BRI sesuai petunjuk pada surat tilang yang dikirimkan ke alamat pelanggar.

Jika pelanggar tidak membayarkan denda, maka kendaraan tersebut akan diblokir di Kantor Samsat.

sumber : https://megapolitan.okezone.com/read/2021/03/18/338/2379968/tilang-elektronik-berlaku-di-jakarta-pengendara-jadi-lebih-waspada

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *