Siap-Siap, Polisi Akan Blokir Kendaraan yang Kena Tilang Elektronik

Rencana penerapan tilang elektronik akan mulai dilakukan di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Di tengah persiapan yang dilakukan, pihak Polda Jawa Barat menyatakan bahwa kendaraan yang kena tilang elektronik akan diblokir.

Mekanisme blokir ini dikatakan oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jawa Barat AKBP Efos Satria bahwa sang pemilik kendaraan nantinya tidak akan bisa memperpanjang pajaknya sebelum membereskan masalah terkait tilang elektronik.

“Kendaraan yang terkena pemblokiran itu nanti tidak bisa diperpanjang pajaknya, sehingga perlu terlebih dahulu untuk menyelesaikan proses hukum tilangnya. Selama kendaraannya tertilang, tilangnya belum diurus, kendaraan akan diblokir,” ujarnya dikutip dari laman Tribrata News Polri.

Dia menuturkan bahwa jika kendaraan tersebut sudah berpindah tangan, pemilik baru kendaraan tersebut tetap tidak bisa membayar pajak dan harus menuntaskan masalah tilang elektronik itu.

“Ketika si pemilik baru kendaraan akan urus pajak kendaraan, kan enggak bisa tuh pajaknya diperpanjang karena harus buka blokir dulu. Nah untuk buka blokir, harus diselesaikan dulu tilangnya,” katanya.

Sementara itu terkait teknis pelaksanaan tilang elektronik, nantinya di jalan raya akan dipasang kamera pengawas atau CCTV.

Sejauh ini, Polda Jawa Barat baru berencana menerapkan sistem tilang elektronik di dua wilayah, yakni di Kota Bandung dan Kota Cirebon.

Menurut dia, dengan sistem tilang elektronik itu masyarakat bakal terdorong untuk mengalihnamakan kendaraannya atas nama diri sendiri.

Saat ini, pihaknya masih mematangkan konsep tilang elektronik yang menjadi visi dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang baru menjabat.

“Kalau program Kapolri ini targetnya bisa dilaksanakan pada Maret nanti. Tapi yang pasti untuk pelaksanaannya akan sosialisasi dulu,” tutur Kasubdit Gakkum.

sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-011383381/siap-siap-polisi-akan-blokir-kendaraan-yang-kena-tilang-elektronik

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *