Di Berau Mulai Terapkan ELTE, Sasar Kawasan Tertib Lalu Lintas

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Berau telah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Bumi Batiwakkal-sebutan Kabupaten Berau. Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polres Berau, AKP Reza Pratama Rhamdani Yusuf.

Dijelaskannya, anggota Satlantas Polres Berau saat ini rutin melaksanakan patroli dengan memakai mobile ETLE yang telah dipasang di helm. “Terutama di tempat yang memang menjadi menjadi kawasan tertib lalu lintas atau Zero Tolerance,” ujarnya kepada Berau Post beberapa waktu lalu.

Melalui kamera mobile, ia menerangkan berfungsi untuk merekam video pelanggaran. Kemudian mencatat nomor pelat pelanggar. “Hasil video itu kami cek data kendaraan lalu dikirimkan surat konfirmasi pelanggaran ke alamat pemilik kendaraan,” ucapnya.

Reza menjelaskan, rata-rata terdapat 5 pelanggaran lalu lintas dalam satu hari. Dengan beragam jenis pelanggaran. Baik itu tidak mengenakan helm, parkir sembarangan, melanggar rambu lalu lintas, melawan arus hingga berkendara tanpa SIM dan tidak dilengkapi STNK.

Mengenai pengiriman surat konfirmasi tilang, dirinya menyebut akan dikirim langsung ke alamat yang tertera pada surat kendaraan tersebut. Namun, jika ternyata berada di luar dari daerah tempat pihak melanggar, maka akan dikirimkan ke Polda Kaltim.

“Nanti dari Polda Kaltim yang akan meneruskan ke polda atau polres sesuai alamat pelanggar,” ujarnya.

Jika surat konfirmasi tilang itu tidak ada balasan dari pelanggar selama 10 hari setelah surat dikirim, maka lanjut Reza, kendaraan yang melanggar akan diblokir di Samsat. “Pastinya yang belum balik nama, bakalan balik nama saat bayar pajak tahunan,” pungkasnya.

Sumber : https://berau.prokal.co/read/news/68270-di-berau-mulai-terapkan-elte-sasar-kawasan-tertib-lalu-lintas/6

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *