Anggaran CCTV Dihapus, Batal Terapkan E-Tilang di Kab Pasuruan

Rencana menambah kamera CCTV untuk jalan gagal terlaksana. Meski sangat diperlukan untuk meningkatkan pengamanan dan pengawasan wilayah, pembelian kamera itu batal. Anggarannya terkepras oleh refocusing untuk penanganan Covid-19. Habis.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan Agus Hari Wibawa memastikan tahun ini tidak ada penambahan CCTV di jalanan wilayah Kabupaten Pasuruan. Sebab, anggaran untuk itu terkena refocusing. Dialihkan untuk menangani Covid-19. Nilainya Rp 100 juta.

Sebenarnya, lanjut Agus, penambahan CCTV itu sangat diperlukan. Untuk apa saja? Salah satunya untuk memantau kondisi lalu lintas setiap saat. Selain itu, untuk merekam situasi dan keamanan wilayah sekitarnya. Semakin banyak kamera CCTV, kian luas daya pantau wilayah.

”Tapi, tahun ini tidak ada. Anggarannya tidak lagi tersedia,” kata Agus di kantor DPRD Kabupaten Pasuruan kemarin (1/7).

Menurut dia, jumlah kamera CCTV di Kabupaten Pasuruan masih kurang. Hanya tersebar di kurang lebih 24 titik. Misalnya, Alun-alun Bangil, persimpangan Purwosari, dan sejumlah titik lain.

Padahal, masih banyak titik jalan yang perlu dipasangi. Contohnya simpang tiga Sidogiri, Kecamatan Kraton, simpang empat SMPN 3 Bangil, Jalan RA Kartini Pandaan, Jalan Parerejo Purwodadi, dan Kali Sidogiri, Kecamatan Kraton. Semuanya tidak bisa direalisasikan pada 2021 ini.

Pembatalan program pengadaan kamera CCTV ini juga berdampak terhadap rencana penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Salah satunya, sistem tilang elektronik (e-tilang) di Kabupaten Pasuruan.

Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Andhika Mizaldy Lubis mengatakan, penerapan ETLE tidak bisa dijalankan tanpa dukungan sarana dan prasarana penunjang. Yaitu, kamera CCTV.

”Karena penyediaan CCTV belum, jadi penerapan ETLE belum bisa dijalankan,” jelasnya.

Sumber : https://radarbromo.jawapos.com/pasuruan/02/07/2021/anggaran-cctv-dihapus-batal-terapkan-e-tilang-di-kab-pasuruan/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *