Siap-siap! 5 Kamera Tilang Elektronik Incar Pelanggar Lalin di Ciamis

Sejumlah daerah di Jawa Barat sudah menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE). Polisi di Ciamis pun bersiap-siap mengoperasikan kamera tilang elektronik untuk ‘menangkap’ pelanggar lalu lintas (lalin).

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan penerapan tilang elektronik. Ada lima kamera pengawas yang siap mengincar pelanggar lalin yang melintas jalan nasional atau jalur selatan Jabar.

Lima kamera itu terpasang di Sindangkasih, kawasan Imbanagara, Alun-alun Ciamis, Simpang Bojong dan Simpang Cisaga. “Ya sebagaimana diketahui sekarang e-TLE mulai diterapkan. Kami dari Satlantas Polres Ciamis pun tentu langsung melakukan persiapan, mulai dari menyiapkan personel, back office dan sarana lainnya. Kamera yang ada di Ciamis sudah mumpuni dan siap dipasang alat,” ujar Zanuar, Kamis (25/3/2021).

Polres Ciamis tengah menunggu dari Polda Jabar untuk memulai penerapan e-TLE tersebut. Satlantas Polres Ciamis telah mempersiapkan hal lainnya yaitu bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan perusahaan ekspedisi. Fungsinya untuk mengirimkan surat tilang ke tempat alamat pelanggar lalin.

“e-TLE ini mencegah praktik-praktik yang tidak terpuji. Jadi tidak lagi tilang di tempat, tapi secara elektronik,” kata Zanuar.

Zanuar belum bisa memastikan waktu penerapan e-TLE di Ciamis. Pihaknya menunggu kebijakan dari Polda Jabar.

“Bisa di akhir tahun, atau awal tahun depan,” ucap Zanuar.

sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5507078/siap-siap-5-kamera-tilang-elektronik-incar-pelanggar-lalin-di-ciamis

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *