Terapkan ETLE, Polri Telah Pasang Lebih dari 12.000 Kamera CCTV di 255 Titik

Kapolri Jenderal (Polisi) Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, Polri telah memasang lebih dari 12.000 unit kamera CCTV pada 255 titik yang digunakan untuk sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcment (ETLE). “Kami telah me-launching kurang lebih 12.000 unit CCTV pada 255 titik di 18 polda, untuk berikutnya di tahap kedua nanti akan kita bangun di 12 polda, dan di tahap ketiga 10 polda,” kata Listyo dalam rapat dengan Komisi III DPR, Rabu (16/6/2021). Listyo menuturkan, ke depannya ETLE akan dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence dan face recognition yang terintegrasi dengan big data kepolisian.

Menurut Listyo, hal tersebut dibutuhkan untuk memudahkan polisi dalam melacak pelaku kejahatan. “Ini semuanya bisa terintegrasi dengan big data kepolisian untuk menjawab tantangan Police 4.0 dan sekaligus ini juga tentunya akan mempermudah membantu pada saat kita mencari pelaku kejahatan,” kata dia. Di samping itu, Listyo juga mengeklaim, 68,9 persen masyarakat mengaku puas dengan tilang menggunakan sistem ETLE.

“Saat ini sementara hasil survei 68,9 (persen) masyarakat puas terhadap tilang dengan sistem ETLE, mudah-mudahan ke depan ini akan bisa lebih meningkat,” ujar Listyo. Penerapan tilang melalui sistem ETLE merupakan salah satu janji Listyo saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR pada Januari 2021 lalu. Menurut Listyo, penerapan ETLE dapat meminimalisasi potensi penyimpangan yang dilakukan anggota polisi lalu lintas saat menilang seseorang. Dengan adanya ETLE, Listyo Sigit mengatakan, polisi lalu lintas yang bertugas di lapangan nantinya hanya akan mengatur lalu lintas tanpa melakukan penilangan. “Ke depan saya harapkan anggota lalu lintas turun di lapangan, mengatur lalu lintas, tidak perlu melakukan tilang. Kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri,” ujar dia, Rabu (20/1/2021).

Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2021/06/16/14361311/terapkan-etle-polri-telah-pasang-lebih-dari-12000-kamera-cctv-di-255-titik

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *