Layanan Kepolisian Seluruhnya Bakal Berbasis IT

Seluruh layanan Kepolisian bakal berbasis informasi teknologi. Semua akan dipusatkan di gedung Traffic Managemen Center (TMC).

“Kedepan tidak kita bisa pungkiri bahwa pelayanan berbasis IT menjadi unggulan. Tak hanya milik Polri saja, tapi juga layanan milik pemerintah. Oleh karena itu, ada smart city yang beberapa aplikasi di dalamnya menyangkut pelayanan pelayanan publik,” terang Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Istiono saat berkunjung di Kota Solo, Kamis (17/6).

Sementara itu, dalam menunjang program Solo Smart City, program ETLE akan menjadi program unggulan. Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra mengatakan saat ini ada lima lokasi ETLE yang aktif.

Lokasi itu yakni Jl. Slamet Riyadi depan Solo Square, depan Loji Gandrung, dan Gladak. Lalu, satu kamera terpasang di Simpang Empat Fajar Indah dan Simpang Lima Sumber.

Selain lima titik tersebut, masih ada satu titik yang telah dipasang CCTV penunjang sistem ETLE, yaitu di simpang Tugu Wisnu, namun saat ini masih dalam penguatan jaringan.

“Teknisinya baru datang minggu ini dan masih dalam proses penyambungan jaringan. Setelah terpasang akan langsung kita fungsikan,” ujarnya.

Setelah mobil, penerapan tilang elektronik ini bakal menyasar pelanggaran yang dilakukan pengguna sepeda motor. Seperti berboncengan lebih dari dua orang, tidak menggunakan helm, perubahan spek fisik sepeda motor, dan lainnya.

Pihaknya mengklaim, penerapan ETLE berbasis CCTV ini ampuh menurunkan pelanggaran lalulintas yang dilakukan pengemudi mobil. Pekan-pekan awal diterapkannya sistem ini, jumlah pelanggar bisa mencapai 3.000 kendaraan dalam sehari.

sumber : https://timlo.net/baca/146394/layanan-kepolisian-seluruhnya-bakal-berbasis-it/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *