Kota Bogor Belum Terapkan Tilang Elektronik, Pelanggar Lalu Lintas Masih Ditindak Petugas

Sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) belum dapat diterapkan di Kota Bogor, Jawa Barat. Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bogor Kota Komisaris Polisi Andriyanto mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dari Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat terkait penentuan tilang elektronik di Kota Bogor. Andriyanto mengungkapkan, tilang elektronik di wilayah Jawa Barat saat ini baru diberlakukan di Kota Bandung.

Meski begitu, Satlantas Polresta Bogor Kota menyatakan siap jika sudah ditunjuk untuk menerapkan sistem tilang elektronik. “Kota Bogor di tahap satu penerapan tilang elektronik belum ada,” kata Andriyanto saat dikonfirmasi, Kamis (25/3/2021). Untuk sementara waktu, sambung Andriyanto, penindakan terhadap para pelanggar lalu lintas di Kota Bogor masih menggunakan sistem manual atau mengandalkan petugas yang berada di lapangan.

Selain itu, lanjut dia, Polresta Bogor Kota juga masih menunggu perangkat untuk mendukung penerapan tilang elektronik. “Kami masih menunggu perangkatnya. Polda Jawa Barat nanti akan menentukan polres-polres mana yang dituju. Kami sosialisasikan apabila sudah ditentukan,” tuturnya.

Sistem tilang elektronik secara serentak mulai diterapkan pada Selasa (23/3/2021). Penerapan tilang elektronik nasional ini merupakan instruksi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Setidaknya ada 244 titik lokasi kamera ETLE, dengan rincian Polda Metro Jaya 98 titik, Polda Riau 5 titik, Polda Jawa Timur 55 titik, Polda Jawa Tengah 10 titik, dan Polda Sulawesi 16 titik. Selain itu, Polda Jawa Barat 21 titik, Polda Jambi 8 titik, Polda Sumatera Barat 10 titik, Polda DIY 4 titik, Polda Lampung 5 titik, Polda Sulawesi Utara 11 titik, dan Polda Banten 1 titik.

sumber : https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/25/20180681/kota-bogor-belum-terapkan-tilang-elektronik-pelanggar-lalu-lintas-masih

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *