Tilang Elektronik Sukses Tekan Pelanggaran Lalu Lintas hingga 40 Persen

Pemerintah telah menyelesaikan penempatan kamera tilang elektronik (ETLE) tahap satu di beberapa daerah sejak beberapa bulan lalu.

Penempatan kamerakamera tilang elektronik ini dilakukan di 12 daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Setelah beberapa bulan kebijakan, pihak Korlantas Polri memberikan data evaluasi dari penyelenggaraan kamera tilang elektronik tahap satu.

Menurut Korlantas Polri, kebijakan tersebut sukses untuk menekan jumlah angka pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan raya.

laman Korlantas Polri, kebijakan tilang elektronik membuat pengendara yang ada di jalan raya menjadi lebih patuh terhadap aturan.

“Sejak ada tilang elektronik, titik-titik yang biasanya kerap terjadi pelanggaran turun hingga 40 persen,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam keterangan resminya.

Setelah tilang elektronik ETLE tahap dua ini sudah selesai, kini Korlantas Polri sedang menyusun rencana untuk melakukan penempatan ETLE tahap dua.

Penempatan dari kamerakamera tilang elektronik ini akan dilakukan mulai Juli 2021 nanti.

Pada tahap kedua nanti, kamera tilang elektronik akan ditempatkan pada 13 titik Polda seluruh Indonesia.

Salah satu penempatan kamera tilang elektronik tersebut akan disimpan di Kota Solo.

Kamera tilang elektronik digunakan untuk merekam berbagai pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan raya.

Beberapa pelanggaran lalu lintas yang berhasil ditangkap oleh kamera tilang elektronik seperti melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan, tidak memakai helm SNI, memainkan gawai saat berkendara, menggunakan plat palsu, hingga tidak menggunakan sabuk pengaman.

sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/otomotif/pr-012016162/tilang-elektronik-sukses-tekan-pelanggaran-lalu-lintas-hingga-40-persen

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *