400 Kendaraan Terjaring e-TLE Per Hari, Terbanyak Langgar Lampu Merah

Polda Metro Jaya mengatakan ada 400 kendaraan yang terkena tilang lewat kamera electronic traffic law enforcement (e-TLE) berskala nasional per hari. Jumlah tersebut berasal dari wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Rata-rata 300 sampai 400 kendaraan yang ditilang per hari,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, saat dihubungi, Kamis (1/4/2021).

Ditlantas Polda Metro Jaya sendiri memiliki 41 kamera e-TLE baru dari program e-TLE nasional. Dari puluhan kamera e-TLE baru itu, ada fitur baru untuk merekam jenis pelanggaran lalu lintas tertentu.

Fahri mengatakan tidak semua pelanggaran dari lokasi 41 e-TLE tersebut dilakukan penindakan oleh petugas. Dia menyebut hingga saat ini pihaknya masih melakukan proses sosialisasi dan edukasi.

“Ini jenis pelanggaran baru misal overload dan sebagainya. Kita masih melakukan sosialisasi. Mungkin kebijakannya akan kita serahkan ke pimpinan tapi rencana (sosialisasi) satu bulan,” ujar Fahri.

Dia mengatakan tilang elektronik paling banyak diberikan kepada penerobos lampu merah. Dia menyebut jenis pelanggaran tersebut kerap terjadi di ruas jalan Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

“Pelanggaran didominasi menerobos lampu merah atau marka stop line. (Lokasi pelanggaran paling banyak) itu di dekat jalan MPR/DPR, Slipi, Setiabudi Selatan, yang termasuk paling sering,” ujar Fahri.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah memiliki 98 titik kamera e-TLE yang tersebar di ruas-ruas jalan Ibu Kota. Polda Metro Jaya juga akan menambah kamera e-TLE di beberapa lokasi lain, termasuk di ruas jalan tol hingga koridor busway.

Selain e-TLE statis, Polda Metro Jaya punya 30 unit e-TLE mobile. e-TLE mobile ini akan menangkap pelanggaran lalu lintas yang tertangkap kamera saat polisi berpatroli.

sumber : https://news.detik.com/berita/d-5516626/400-kendaraan-terjaring-e-tle-per-hari-terbanyak-langgar-lampu-merah?_ga=2.52826792.1890787705.1623638346-204012160.1622695512

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *