Ada Tilang Elektronik, Jumlah Pelanggaran Lalu-lintas di Solo Menurun

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcemen (ETLE) dengan sistem kamera pengawas dinilai efektif untuk menurunkan pelanggaran lalu-lintas. Pasalnya pengguna jalan akan lebih waspada dengan adanya kamera pengawas yang dipasang. Salah satu daerah yang menerapkan tilang elektronik yakni Solo, Jawa Tengah. Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra mengatakan, dengan adanya tilang elektronik, pelanggaran lalu lintas di Solo mulai berkurang.

“Selama penerapan tilang elektronik di Solo dari bulan Maret pada awal kita launching itu, untuk kendaraan yang biasanya seharinya mencapai 3.000 kendaraan kini berkurang ke angka 1.100 untuk kendaraan roda empat,” kata Adhytia kepada Kompas.com, Jumat (4/6/2021).

“Tapi kalau untuk kendaraan roda dua karena belum launcing, kita masih melakukan penindakan secara kasat mata, baik secara manual ataupun melalui Kopek (Kamera Portable Penindakan Kendaraan Bermotor),” ucap Adhytia. Rencananya pada pertengahan bulan Juli 2021, kepolisian kota Surakarta baru akan menerapkan tilang elektronik untuk sepeda motor dengan penambahan software pada kamera yang telah dipasangkan.

“Akan kita coba nanti di bulan Juli itu untuk motor, jadi softwarenya sudah mulai ditambahkan data. Kemarin kan hanya bisa mendeteksi pelanggaran oleh mobil, nah itu nanti akan kita tambahkan agar dapat mengenal pelanggaran untuk sepeda motor,” kata dia. Kamera pengawas yang akan dipasangkan di kota Solo ada beberapa titik yakni Jalan Adi Sucipto (depan DPRD), Jalan Slamet Riyadi (Depan Loji Gandrung), Jalan Kolonel Sutarto (Depan RSUD Moewardi) dan jalan Letjen Suprapto (Sate Dahlan).

Dengan adanya penambahan teknologi ini nantinya akan membuat pengguna sepeda motor lebih tertib dalam berlalu-lintas meskipun tanpa kehadiran petugas polisi.

sumber : https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/06/094100515/ada-tilang-elektronik-jumlah-pelanggaran-lalu-lintas-di-solo-menurun

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.