Viral, Orang Ini Terekam CCTV Buang Berkarung-karung Sampah di Bukittinggi

Aksi tak terpuji membuang sampah sembarangan terjadi di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar). Bahkan, kejadian itu terekam kamera CCTV serta viral di media sosial. Dari rekaman CCTV itu tampak sebuah mobil dengan bagian atas dipenuhi karung-karung berisi sampah melaju pelan. Saat melintas di jalan Panorama, Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguak Panjang, Bukittinggi, mobil masuk ke jalan Parak Kopi.

Mobil kemudian berhenti di pinggir jalan samping sekolah TK Teladan Pertiwi Tunas Harapan. Setelah memarkirkan mobil dengan muatan sampah itu, terlihat pengemudi dan penumpang turun dari mobil. Seorang di antaranya naik ke ke atas lalu membuang satu persatu karung berisi sampah ke pinggir jalan.
Aksi tak terpuji itu terekam kamera CCTV Toko Sulaman di sekitar lokasi. Video aksi pelaku viral di media sosial, setelah diposting akun Facebook bernama Dedi Kunyek.

Warga ini protes karena sampah yang dibuang menumpuk persis di balik pagar tokonya, sehingga aroma tak sedap sampai ke dalam toko. Menurut pemilik akun, pelaku dan ciri-ciri mobil yang telah diketahui identitasnya.

“Orang itu buang sampah sampai satu mobil. Ini bukan tempat pembuangan sampah TPS, tapi dibuang seenaknya sampai ke jalan. Mobil dan nomor platnya kabarnya sudah diketahui dan sekarang lagi diburu, lagi dicari masyarakat,” kata Pengelola toko oleh-oleh Sulaman khas daerah Bukittinggi, Dedi Kunyek, Kamis (3/6/2021).

“Di sini kan ada TK, dengan bau sampah ini meresahkan, tamu-tamu pariwisata yang datang ke sini pun sering mengeluhkan bau ini,” lanjutnya.

Selain Dedi, warga lainnya pun protes dan mengecam aksi pelaku karena lokasi tempat pelaku membuang sampah merupakan jalur perlintasan bus pariwisata, dekat dengan sekolah, dan berada persis di atas trotoar yang kerap dilintasi wisatawan.

Sementara itu, petugas Dinas Perhubungan memberi tali pembatas di sekitar lokasi, memasang spanduk larangan, dan CCTV di titik pemantauan baru. Tokoh warga Kayu Kubu, Feri Naldi menyebutkan, untuk antisipasi awal, lokasi juga dipasangi CCTV baru, dan akan dipasang spanduk sanksi Perda. Warga sekitar diimbau untuk membuang sampah ke tempat yang telah ditentukan di jalan Panorama, sekitar 100 meter dari lokasi.

“Dikasih CCTV pemantauan supaya ada pembelajaran bahwa ada sanksi kalau buang sampah disini. Nanti kalau ketahuan siapa yang membuang sampah, baik penduduk setempat atau yang dari luar Kayu Kubu dicari, diberi sanksi,” kata Feri Naldi. Sementara, menurut peraturan daerah Perda Kota Bukittinggi Nomor 5 Tahun 2014, tentang Pengelolaan dan Retribusi Persampahan, serta Perda Nomor 3 Tahun 2015, tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum/ pelaku pembuang sampah sembarangan disanksi membayar denda Rp.250,000 hingga kurungan penjara

Sumber : https://sumbar.inews.id/berita/viral-orang-ini-terekam-cctv-buang-berkarung-karung-sampah-di-bukittinggi/3

 

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *