Helm Petugas Satlantas Polres Banjarbaru Terpasang Kamera Canggih, Rekam Pelanggar Lalulintas

Walau sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) masih belum berlaku di Banjarbaru namun teknologi elektronik lain digunakan Satuan Lalu Lintas Polres Banjarbaru.

Salah satunya melengkapi teknologi pendukung UU Untik petugas dalam penindakan terhadap pelanggar lalu lintas.

Sejak beberapa hari terakhir Polres Banjarbaru sudah menyiapkan Kamera Portable Penindakan Kendaraan Bermotor.

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso melalui Kasat Lantas Polres Banjarbaru Iptu Riyanda Putra Utama menjelaskan bahwa kamera portabel ini dipasang pada helm anggota Satlantas.

“Kamera portable terletak di atas helm petugas untuk merekam segala bentuk kegiatan pelanggar kendaraan ketika berhadapan dengan petugas,” kata dia.

Hal ini diberlakukan untuk menjangkau wilayah-wilayah di Banjarbaru yang saat ini belum memakai sistem ETLE.

Mengenai fungsinya Riyanda menjelaskan, untuk mengindentifikasi nopol dan jenis kendaraan yang terintegrasi bagi pelanggar lalu lintas.

Selain itu Satlantas juga kembali menggalakan kawasan zero tolerance. Artinya dilakukan penegakan hukum dengan tilang di kawasan Jalan Ahmad Yani KM 33-36 Banjarbaru.

“Kegiatan ini sebetulnya sudah lama hanya kami optimalisasi kembali guna menekan angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepatuhan pengendara ranmor terhadap tata tertib lalau lintas yang berlaku,” ujar dia.

Ada beberapa ketentuan dalam kawasan zero tolerance ini seperti dilarang parkir kendaraan di badan jalan, dilarang melawan arus.

Lalu dilarang menggunakan HP, merokok dan lainnya yang menganggu konsentrasi pengendara. Pengemudi mobil wajib pakai sabuk pengaman.

Pengguna sepeda motor wajib menggunakan helm SNI, kendaraan yang dioperasikan wajib memenuhi syarat teknis dan laik jalan serta pelanggaran lalu lintas lainnya.

Jika pengendara kedapatan melanggar ketentuan di atas di zona tolerance maka tilang akan diberlakukan.

“Penilanganya pun masih manual dengan menggunakan blanko e-tilang,” sambung dia

 

Sumber : https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/06/01/helm-petugas-satlantas-polres-banjarbaru-terpasang-kamera-canggih-rekam-pelanggar-lalulintas

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *