ETLE Polda Manfaatkan Helm Kamera, Kenapa Masyarakat Tak Ikut Lapor Foto-Video Pelanggar

Masyarakat kerap resah saat berkendara karena seringnya pengguna jalan yang melanggar lalu lintas. Banyak foto-video beredar sebagai bukti.

Seiring hal itu, lembaga kepolisian bidang lalu lintas, termasuk jajaran Polda Metro Jaya sudah secara resmi memanfaatkan program ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement yang bersifat mobile.

Jika ETLE sebelumnya memanfaatkan pembuktian pelanggaran menggunakan kamera yang terpasang di sejumlah ruas jalan, ETLE Mobile memanfaatkan kamera yang digunakan oleh petugas saat berpatroli.

“Implementasi teknologi untuk mencatat pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas,” demikian keterangan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya

Di sisi lain, kegiatan pelaporan semacam ini juga menjadi momen bagi masyarakat untuk memanfaatkan foto-video pelanggaran sebagai bukti layaknya kepolisian.

“Ini adalah bukti bahwa penilangan bisa dilakukan elektronik, foto atau pun video. Masyarakat (misalnya) bisa melaporkan kegiatan seorang atau kelompok bikers yang sudah meresahkan,” ujar Bro Ron, pegiat motor dan ketertiban berlalu lintas yang juga merupakan owner DuniaMotor.

Saat ini sendiri sudah banyak perangkat yang umum dan bisa digunakan masyarakat. Misalnya interkom berkamera Sena 10C Pro atau Sena 10C Evo yang merupakan alat komunikasi sekaligus action cam kualitas di atas HD.

Dua perangkat keluaran Sena Indonesia ini sendiri digunakan oleh Polda Metro Jaya sebagai bagian dari ETLE Mobile.

Dengan alat yang terpasang di helm ini, masyarakat pengguna sepeda motor bisa merekam momen-momen sehari-hari di jalan atau saat kegiatan beroda dua lainnya, termasuk saat menghadapi pelanggaran-pelanggaran misalnya biker-biker yang meresahkan.

“Caranya, kita tinggal tekan tombol untuk foto-foto, video. Kan banyak yang tidak pakai helm, tidak pakai nomor (pelat nomor). Polisi pasti menerima laporan masyarakat, dan dasar laporan itu yang nanti kita gunakan,” tambah Bro Ron.

Sumber : https://www.otosia.com/berita/etle-polda-manfaatkan-helm-kamera-kenapa-masyarakat-tak-ikut-lapor-foto-video-pelanggar.html

SUMBER : https://www.otosia.com/berita/etle-polda-manfaatkan-helm-kamera-kenapa-masyarakat-tak-ikut-lapor-foto-video-pelanggar.html

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *