Di Bontang, Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan

Waspada bagi pelanggar lalu lintas di Bontang. Petugas akan memantau secara patroli mulai 1 Juni. Kapolres Bontang AKBP Hanifa Martunas Siringoringo melalui Kasat Lantas AKP Imam Syafi’i mengatakan, akan memberlakukan program dari Polda Kaltim tersebut.

Nantinya pelanggar akan terekam melalui kamera yang terpasang di helm maupun mobil petugas kepolisian. Hasil rekaman itulah yang akan dijadikan alat bukti dan dikirim kepada pemilik kendaraan. Berdasarkan data nomor pelat kendaraan yang digunakan melanggar. Selanjutnya, petugas memberi waktu lima hari setelah surat diterima sebagai bentuk konfirmasi.

“Kalau pelanggar mengonfirmasi benar maka diberikan surat tilangnya dan langsung diinput melalui e-tilang. Kemudian bersangkutan akan menerima informasi melalui pesan singkat nominal yang harus dibayarkan,” kata AKP Imam Syafi’i.

Diketahui besaran denda berkisar dari Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan patroli juga akan dilaksanakan di area lain. Dijelaskan dia, petugas bersifat mobile atau berpindah-pindah. Tidak menetap pada satu titik pemantauan.

Hingga saat ini, terdapat tiga kamera perekam yang tersedia. Nantinya akan difungsikan di dua kendaraan sepeda motor dan satu mobil petugas. Diimbau pengendara tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Demi keselamatan bersangkutan maupun pengendara lainnya.

Ke depan, ETLE statis akan dipasang di dua titik. Mencakup simpang tiga Taman Plaza Ramayana dan simpang empat Bontang Baru. Kini perangkat masih dalam pengadaan. Upaya serupa sudah dilakukan di dua kota Kaltim, yakni Balikpapan dan Samarinda.

“Skema ETLE ini bertahap. Sembari menunggu pengadaan perangkat statis,” jelasnya.

 

sumber : https://kaltim.prokal.co/read/news/386857-di-bontang-tilang-elektronik-mulai-diberlakukan/6

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *