Dua Kelurahan di Ranowulu Jadi Pilot Project Kampung Budaya Tertib Lalu Lintas

Bitung, BeritaManado.com – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Bitung bakal menghadirkan Kampung Budaya Tertib Lalu Lintas.

Program itu dimulai di dua kelurahan di Kecamatan Ranowulu, yakni Kelurahan Batuputih Atas dan Bawah yang juga menjadi pilot project Kampung Tertib Lalu Lintas.

Rencana itu diawali dengan sosialisasi sekaligus pembentukan kelompok kerja dalam rangka pembuatan Kampung Budaya Tertib Lalu Lintas.

Sosialisasi itu dipimpin Kasat Lantas Polres Bitung, AKP Awaludin Puhi SIK dengan menghadirkan pemerintah kelurahan, tokoh agama dan masyarakat yang digelar di SD GMIM Batu Putih Bawah Kecamatan Ranowulu.

Dalam penyampaiannya, Awaludin menyampaikan Sat Lantas Polres Bitung ingin menciptakan Kamseltibcar Lantas yang aman, nyaman dan kondusif serta menjadikan wilayah Kelurahan Batu Putih Atas dan Kelurahan Batuh Putih Bawah sebagai Kelurahan Pilot Project/Kelurahan percontohan dalam hal menciptakan budaya tertib lalu lintas yang baik dan benar.

“Dengan menampilkan cara berlalu lintas bebas dari penggunaan kenalpot racing, penggunaan Helm SNI dan penggunaan TNKB sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku pada bidang Lalu Lintas termasuk juga kelengkapan kendaraan lainnya seperti kaca spion, lampu dan kelengkapan lainnya dalam berkendaraan,” jelas Awaludin.

Berkaitan dengan program itu, Sat Lantas bakal membangun Pos Polisi lalu lintas (pos pemantau), membuat taman lalu lintas serta membuat marka jalan dan memasang rambu rambu lalu lintas pada lokasi jalan yang strategis baik rambu peringatan, larangan dan rambu petunjuk lalu lintas.

Hasilnya kata Awaludin, program Kampung Budaya Tertib Lalu Lintas mendapat apresiasi dari peserta sosialiasi yakni pemerintah Kelurahan, tokoh agama dan masyarakat.

“Masyarakat Kelurahan Batu Putih Atas dan Bawah memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya inovasi kreatif jajaran Polres Bitung melalui Sat Lalu Lintas yang cukup responsif terhadap kerinduan warga masyarakat akan terciptanya situasi Kamseltibcar Lantas yang konfusif,” katanya.

Hadir juga dalam sosialisasi itu, Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Bitung, Ipda Jeny Makawimbang serta sejumlah personil Sat Lantas, Lurah Batu Putih Atas, Selmi Katiandagho, Lurah Batu Putih Bawah, Berkatrina Masala, Sekertaris Kantor Lurah Batu Putih Bawah, Alfrets Huria, RR dan Kepala lingkungan.

Sumber : https://beritamanado.com/dua-kelurahan-di-ranowulu-jadi-pilot-project-kampung-budaya-tertib-lalu-lintas/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *