Efek Larangan Mudik, Polisi Catat Angka Kecelakaan Lalulintas di Pekalongan Mengalami Penurunan

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN – Efek lebaran tahun 2021, angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Pekalongan mengalami penurunan sekitar 35 %.

Hal tersebut diungkapkan Kanit Laka Satlantas Polres Pekalongan Ipda Maman saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (18/5/2021) malam.

“Turunnya angka kecelakaan selama Operasi Ketupat Candi 2021, tak terlepas dari adanya Covid-19 dan larangan mudik,” ungkap Kanit Laka Satlantas Polres Pekalongan Ipda Maman.

Berdasarkan data dari unit Laka Satlantas Polres Pekalongan pada tahun 2020, jumlah kejadian yang terjadi di Kota Santri ada 23 kejadian, dengan korban luka ringan 24 orang dan kerugian Rp 15.300.000 juta.

Sedangkan pada tahun ini, hanya ada 7 kejadian dengan korban satu orang meninggal dunia, luka berat satu orang, dan luka ringan 8 orang dan kerugian material 6.050.000 juta.

“Tahun ini angka kecelakaan menurun sekitar 35 persen,” imbuhnya.

Menurutnya, faktor yang mempengaruhi turunnya angka kecelakaan lalulintas yaitu masyarakat banyak yang mematuhi peraturan pemerintah yaitu larangan mudik.

Meski ada penurunan kasus kecelakaan, Polres Pekalongan tetap melakukan upaya sosialisasi keselamatan berlalu lintas dengan mengajak masyarakat disiplin mengikuti aturan berlalu lintas dan selalu menjaga protokol kesehatan.

“Tujuannya untuk meningkatkan kualitas keselamatan berlalu lintas, menekan tingkat fatalitas korban kecelakaan, dan mengajak masyarakat disiplin menerapkan aturan lalu lintas,” ucapnya.

Sumber : https://jateng.tribunnews.com/2021/05/18/efek-larangan-mudik-polisi-catat-angka-kecelakaan-lalulintas-di-pekalongan-mengalami-penurunan

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.