Jelang Lebaran, Telkomsel prediksi lalu lintas data meningkat 8,54%

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) memprediksi jika lalu lintas data pada masa Lebaran dan Ramadhan tahun ini tumbuh sebesar 8,54% dibandingkan dengan hari biasa pada Ramadan dan Lebaran tahun lalu.

Menghadapi kondisi itu, Telkomsel menyiapkan jaringan di 544 point of interest (PoI) pada tahun ini, bertambah sekitar 108 PoI dibandingkan dengan momen Ramadan dan Lebaran 2021.

Direktur Network Telkomsel Nugroho menambahkan, peningkatan juga terjadi pada lalu lintas data panggilan suara dan SMS, masing-masing diprediksi meningkat 3,14% dan 2,95% dibandingkan dengan hari biasa.

“Sepanjang tahun 2020, Telkomsel juga mencatat kenaikan pengguna sebesar 5,2% menjadi 169,5 juta pelanggan dari sebelumnya sebesar 115,9 juta pelanggan di akhir 2019,” ujarnya, Jumat (7/5).

Sementara itu, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kontan, kenaikan jumlah pelanggan anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Persero Tbk (TLKM) ini, mendorong naiknya traffic data Telkomsel hingga 43,8% dibanding periode yang sama tahun lalu, menjadi 9.428 petabyte.

Kenaikan ini khususnya dikarenakan perubahan gaya hidup masyarakat akibat dampak pandemi.

Sepanjang 2020, pendapatan Digital Business Telkomsel tumbuh sebesar 7,0% menjadi Rp62,33 triliun yang sekaligus menjadi katalis dalam pergeseran bisnis legacy ke layanan digital business.

Lebih lanjut, kontribusi pendapatan dari Digital Business meningkat menjadi 71,6% dari total pendapatan Telkomsel, dari 63,9% pada tahun sebelumnya.

Sebagai upaya mendukung dunia pendidikan selama masa pandemi, Telkomsel juga menghadirkan inisiatif Merdeka Belajar Jarak Jauh (MBJJ) yaitu penawaran spesial kuota belajar bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses e-learning dan kuota untuk platform konferensi video.

Pada 2020, Telkomsel membangun 27,7 ribu Base Transceiver Station (BTS) 4G LTE baru sehingga sampai dengan akhir Tahun 2020, Telkomsel telah memiliki total BTS lebih dari 231 ribu unit dengan 78% di antaranya adalah BTS 3G/4G.

Sebagai informasi, hingga April 2021 Telkomsel juga telah menggelar tambahan 263 unit BTS 4G/LTE baru. Secara keseluruhan Telkomsel kini telah mengoperasikan lebih dari 236.000 unit BTS yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 3G dan 4G/LTE. Selain itu, lebih dari 50 kota/kabupaten di Indonesia juga telah terlayani layanan VoLTE.

“Kami secara konsisten memastikan kenyamanan pengalaman silaturahmi dan kegiatan ibadah masyarakat di momen Ramadhan dan Lebaran ini,” tutupnya.

Sumber : https://industri.kontan.co.id/news/jelang-lebaran-telkomsel-prediksi-lalu-lintas-data-meningkat-854

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *