Terkendala Anggaran, Satlantas Polres Gianyar Belum Bisa Terapkan ETLE

Kasat Lantas Polres Gianyar, AKP Laksmi Trisna Dewi Wieryawan. (Dewa Rastana/Bali Express)

GIANYAR, BALI EXPRESS – Satlantas Polres Gianyar belum bisa menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) karena terkendala pengadaan alat ETLE berupa kamera CCTV yang dapat mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Gianyar, AKP Laksmi Trisna Dewi Wieryawan mengatakan bahwa Kapolres Gianyar, Dirlantas dan Wadirlantas Polda Bali telah berkoordinasi dengan Bupati Gianyar terkait rencana penerapan ETLE di wilayah hukum Kabupaten Gianyar. “Dan Pak Bupati sangat mendukung program Kapolri ini,” ujarnya saat dikonfirmasi Kamis (6/5).

Hanya saja kata dia, pihaknya terkendala anggaran. Tetapi Pemda Gianyar siap membantu pengadaan alat ETLE tersebut. “Pemda Gianyar siap membantu pemasangan ETLE di wilkum Gianyar. Tapi pengadaan alat ETLE itu baru akan diajukan dalam anggaran perubahan di bulan September 2021 nanti,” imbuhnya.

Diperkirakan satu unit ETLE harganya mencapai Rp 1,3 Miliar. Dan apabila alat ETLE itu sudah tersedia maka pihaknya berencana memasang di 2 titik di Kabupaten Gianyar. “Untuk lokasinya masih akan kami kaji dimana cocoknya dipasang,” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskannya kamera yang dipasang di titik tersebut nantinya bisa mengawasi situasi arus lalin serta pelanggarannya untuk kemudian diberikan teguran. “Kalau ETLE itu smart camera, yang bisa mendeteksi pelanggaran lalu lintas dan otomatis melakukan penilangan. Nanti akan kita kaji lagi, dimana jalur KTL yang rawan pelanggaran dan rawan kecelakaan lalu lintas,” sambungnya.

AKP Laksmi pun menegaskan jika camera ETLE berbeda dengan kamera pengawas Dinas Perhubungan yang hanya bisa mengawasi situasi lalin dan pelanggaran. “Jadi mohon doanya agar bisa segera terealisasi nggih,” tandasnya.

Sumber : https://baliexpress.jawapos.com/read/2021/05/06/259639/terkendala-anggaran-satlantas-polres-gianyar-belum-bisa-terapkan-etle

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *