Kejari Kota Semarang Luncurkan Program Curhat Mas Adhi, Mudahkan Masyarakat Akses Layanan Publik

Kajari Kota Semarang, Transiswara Adhi.
TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Inovasi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Semarang sepertinya tiada henti. Usai meluncurkan aplikasi e-Tilang, kini Kejari Kota Semarang meluncurkan program “Curhat Mas Adhi”.

Kajari Kota Semarang, Transiswara Adhi menuturkan, program Curhat Mas Adhi dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik di Kejari Kota Semarang.

“Program ini bentuknya Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) dengan nama Curhat Mas Adhi. Dipilih nama Mas Adhi agar familiar saja dengan masyarakat,” kata Transiswara Adhi, Rabu (5/5/2021).

Inovasi tersebut, katanya, digagas mengingat kebutuhan masyarakat terkait pengaduan permasalahan hukum cukup tinggi. Dengan adanya program Curhat Mas Adhi, diharapkan masyarakat dapat terlayani dengan baik.

Selain itu, dengan kondisi masa pandemi yang belum berakhir tentu membantu masyarakat karena tidak perlu repot datang ke kantor Kejari Kota Semarang untuk mendapatkan pelayanan hukum.

“Pelayanan berbasis teknologi informasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya respon Kejari Kota Semarang menjawab pertanyaan dan keluhan masyarakat,” jelasnya.

Kanal pelayanan publik dan pengaduan masyarakat Curhat Mas Adhi bisa dimanfaatkan masyarakat melalui enam kanal yang disediakan. Yaitu WhatsApp di nomor 08883991122, website, instagram, twitter, facebook dan youtube Kejari Kota Semarang.

Sejak diluncurkan 13 April lalu, program tersebut telah dimanfaatkan banyak masyarakat. Terbukti, telah ada sekitar 431 aduan, keluhan, dan pertanyaan yang disampaikan masyarakat ke Kejari Kota Semarang.

Transiswara Adhi mengungkapkan, curhatan dari masyarakat meliputi pelayanan titip pakai dan pengembalian barang bukti, pelayanan infromasi tilang, penyuluhan dan penerangan hukum, pelayanan hukum datun, pelayanan pengaduan masyarakat, pelayanan kemahasiswaan seperti KKN/KKP/Magang, dan layanan pelayanan prima.

“Ada juga yang bertanya soal proses perkara, namun kami tentu memiliki batasan dalam menyampaikan informasi,” imbuhnya.

Hal tersebut mengacu pada jenis informasi, yaitu informasi berkala yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang wajib diumumkan secara serta merta, informasi yang wajib tersedia setiap saat, dan informasi yang dikecualikan. (Nal)

Sumber : https://jateng.tribunnews.com/2021/05/05/kejari-kota-semarang-luncurkan-program-curhat-mas-adhi-mudahkan-masyarakat-akses-layanan-publik

 

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *