Polresta Bogor Kota Belum Bisa Terapkan Tilang Elektronik

METROPOLITAN – Penerapan tilang elektronik di Kota Bogor belum juga dijalankan hingga saat ini. Hal itu dikarenakan belum adanya alat kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Andryanto, mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu alat dari Korlantas, sehingga penerapan tilang elektronik belum bisa dilakukan. ”Kita sudah siap, tapi nunggu alat dari korlantas yang kita memang belum kebagian,” kata Andryanto kepada Metropolitan, Kamis (29/4).

Jika alat ETLE sudah diturunkan ke Kota Bogor, tambah Andryanto, maka akan dipasang di se­jumlah ruas jalan yang dinilai krusial. Berdasarkan hasil kajian yang sudah dilakukan, diketahui terdapat enam titik krusial.

”Bogor butuh enam titik krusial, di antaranya Tanah­sareal, Simpang BORR, Ba­ranangsiang, Ciawi dan titik lainnya. Kita juga belum bisa memastikan berapa alokasi untuk Kota Bogor supaya bisa diberlakukan. Tapi mu­dah-mudahan tahun ini bisa,” ungkapnya.

Mantan kapolsek Gunung­putri ini menjelaskan, nanti­nya akan ada pemberitahuan soal penerapan e-Tilang dari Polda Jabar. “Polda Jawa Ba­rat akan menentukan polres-polres mana yang dituju. Nanti kita sosialisasikan apa­bila Polresta Bogor Kota ini mendapatkan beberapa titik. Nanti kita beri tahu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubung­an Kota Bogor, Dody Wahy­udin, mengungkapkan, sejauh ini belum ada pembahasan penerapan e-Tilang dengan kamera portable. “Belum ada pembicaraan khusus dengan satlantas terkait e-Tiang untuk Kota Bogor,” jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah dae­rah bakal melakukan uji coba penerapan e-Tilang atau ETLE dengan kamera porta­ble.

Rencananya, uji coba pene­rapan e-Tilang dengan meng­gunakan kamera portable ini akan dilakukan beberapa waktu lalu. Sejauh ini daerah yang akan melakukan uji coba yakni di kawasan Jabo­detabek. (dil/b/mam/py)

Sumber : https://www.metropolitan.id/2021/04/polresta-bogor-kota-belum-bisa-terapkan-tilang-elektronik/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *