Arus Lalu Lintas Keluar Masuk Sukoharjo Mulai Meningkat

Sukoharjo, Gatra.com- Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tinggal 11 hari lagi. Terpantau arus lalu lintas kendaraan bermotor keluar masuk Sukoharjo mulai meningkat 4-5% dari lalu lintas normal. Disisi lain, ribuan pemudik sudah terpantau Satgas Penanganan Covid-19 tingkat desa.

Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Sukoharjo Eko Agus Nur Prasetyo menerangkan, sejak Jumat (30/4) pihaknya mulai menghitung jumlah kendaraan yang masuk wilayah Sukoharjo melalui Closed Circuit Television (CCTV) di dua lokasi penghitungan, yakni di simpang 3 tugu Kartasura dan simpang 4 Bulakrejo, Sukoharjo Kota.

“Lalu lintas kendaraan mulai menunjukan peningkatan dari lalu lintas normal,” terang Eko, Minggu (2/5).

Menurut Eko, per Sabtu (1/5) kemarin, jumlah kendaraan yang masuk wilayah Sukoharjo di titik penghitungan Kartasura jumlah kendaraan yang masuk dari arah Semarang ke Sukoharjo sejumlah 42.282 kendaraan, dengan peningkatan sebesar 2,98% dari lalu lintas hari sebelumnya.

Jumlah tersebut meningkat 4,37% dari lalu lintas normal “Lalu lintas terpadat berlangsung pukul 16.15 – 17.15 WIB, menjelang buka puasa,” ujarnya.

Kemudian, jumlah kendaraan yang masuk dari arah Solo ke Sukoharjo di titik hitung Bulakrejo sejumlah 42.055 kendaraan, dengan peningkatan sebesar 3,76% dari lalu lintas hari sebelumnya. Jumlah ini meningkat 5,85 persen dari lalu lintas normalnya.

“Di Bulakrejo lalu lintas terpadat berlangsung pukul 16.00-17.00 WIB,” ucapnya.
Dari 2 titik hitung itu, kendaraan yang masuk ke Sukoharjo di dominasi sepeda motor sebanyak 60 sampai 65%. Disusul kendaraan mobil pribadi 27-30%. Kemudian truk kecil dan truk as dua yang mencapai 2-4%.

“Untuk bus sedang dan bus besar, hanya 0,6-0,8%,” imbuhnya.

Dengan begitu, Dinas Perhubungan mengimbau untuk pengendara tetap patuhi rambu lalu lintas, ikuti petunjuk petugas di lapangan dan utamakan keselamatan di jalan. Jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan.

Disisi lain, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Sukoharjo, Toni Sri Buntoro mengatakan, pihaknya terus mendata kedatangan para pemudik. Data diambil dari setiap desa yang dihimpun oleh para Camat.

“Kami kumpulkan dari Camat, yang sumbernya dari Desa atau Kelurahan,” katanya.

Menurut Toni, dari data yang dihimpun per Sabtu (1/5) jumlah pemudik yang datang di Sukoharjo sudah mencapai 1.166 orang. Setiap harinya, seratusan pemudik tiba di Sukoharjo.

“Pemudik terpantau paling banyak di Kecamatan Nguter yang mencapai 285 orang dan Bulu 234 orang. Sedangkan paling sedikit yakni Kartasura 9 orang dan Grogol 19 orang,” tandasnya.

Sumber : https://www.gatra.com/detail/news/510803/hukum/arus-lalu-lintas-keluar-masuk-sukoharjo-mulai-meningkat

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *