Rekayasa Lalulintas yang Akan Dilakukan Polrestabes Bandung Guna Cegah Arus Mudik

BANDUNG – Satlantas Polrestabes Bandung akan melakukan rekayasa lalulintas terkait pencegahan dengan adanya arus mudik lokal.

Dalam hal tersebut, Kapolrestabes Bandung Kompol Rano Hadiyanto mengungkapkan bahwa akan ada peningkatan dari jajaran kepolisian mengenai kegiatan operasi ketupat Lodaya 2021.

“Jadi terkait nanti adanya mudik lokal, tentunya karena mulai tanggal 6 sampai 17 Mei itu juga sudah memasuki operasi ketupat Lodaya 2021, tentunya akan ada peningkatan kegiatan yang dilakukan oleh jajaran kepolisian khususnya Polrestabes Bandung,” ungkap Rano di Balaikota Bandung, Jl. Wastukencana No.2, Kecamatan Sumur Bandung, Kamis (29/4).

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan membangun Pos pengamanan (Pospam) yang tujuannya nanti dapat mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Jadi nanti kegiatannya yaitu kami dari jajaran kepolisian akan membangun Pospam, dan Pospam tersebut nanti tujuannya yaitu untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan gangguan Kamtibmas,” ujarnya

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya pos pengamanan tersebut dirinya mengharapkan para petugas kepolisian bisa mengantisipasi lonjakan pemudik lokal dan bisa langsung melakukan rekayasa lalulintas.

Baca Juga: Komunitas Tionghoa Bantu Vaksinasi COVID-19, 4 Ribu Guru dan 3 Ribu Lansia di Kota Bandung
“Dengan adanya pos pengamanan tersebut, diharapkan petugas bisa mengantisipasi pada saat terjadinya lonjakan pemudik dan bisa langsung melakukan rekayasa arus lalulintas sesuai dengan karakteristik wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, ia mengatakan bahwa jika nanti ada kepadatan di wilayah Ledeng yang disebabkan oleh masyarakat yang menuju wilayah Lembang, maka pihaknya akan langsung melaksanakan koordinasi dengan jajaran Polres Cimahi guna mencegah dan mengantisipasi kepadatan di wilayah tersebut dan akan melakukan rekayasa one way (Satu jalur).

“Jadi dengan rekayasa lalulintas ini contohnya, jika nanti ada kepadatan di wilayah Ledeng yang disebabkan oleh wisatawan yang akan mengarah ke jalur Lembang, maka kita akan berkoordinasi dengan jajaran polres Cimahi. Dan jika nanti ada kepadatan di wilayah tersebut, maka kami akan berkoordinasi dengan Polres Cimahi untuk melakukan Sistem one way (satu jalur),” pungkasnya.

Sumber : https://jabarekspres.com/berita/2021/04/29/rekayasa-lalulintas-yang-akan-dilakukan-polrestabes-bandung-guna-cegah-arus-mudik/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *