Angka Pelanggaran Lalu Lintas di Papua Barat Meningkat di Tahun 2021

AKURAT.CO, Angka pelanggaran lalu lintas di provinsi Papua Barat tahun 2021 mengalami peningkatan dari jumlah kejadian pelanggaran di tahun sebelumnya.

Peningkatan pelanggaran Itu tercatat dalam operasi tertib lalu lintas Polda Papua Barat dengan sandi Operasi Keselamatan Mansinam 2021 yang digelar selama 14 hari, 12-25 April 2021 di seluruh jajaran Polres.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi mengatakan bahwa operasi Keselamatan Mansinam 2021 itu dititik beratkan pada pendekatan persuasif dan humanis kepada pelanggar dengan teguran tanpa tilang.

“Operasi lalu lintas tahun ini tidak ada tindakan tilang, hanya diberikan teguran,” kata Kabid Humas di Manokwari, Rabu, (28/4/2021).

Kabid Humas mengatakan, posko operasi yang tersebar secara kewilayahan mencatat jumlah pelanggaran sepanjang operasi itu terjadi peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Ia menyebutkan, teguran kepada pelanggar dalam operasi tahun 2021 ini sebanyak 1.179 kali. Sedangkan jumlah teguran di tahun 2020 dengan operasi yang sama hanya 626 kali teguran.

Erwindi juga mengatakan, pelanggaran lalu lintas berujung kecelakaan meningkat pula di tahun ini, dengan kategori pelanggaran tertinggi pada sepeda motor.

“Tahun ini jumlah pelanggar lalu lintas sepeda motor sebanyak 1.144 pelanggaran, sementara di tahun 2020 hanya 606 pelanggaran,” katanya.

Operasi itupun mencatat, profesi pelaku pelanggaran tertinggi pada karyawan swasta, pelajar dan Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Sementara lokasi pelanggaran lalu lintas berpotensi kecelakaan tertinggi di lokasi permukiman warga.

Pelanggaran lalulintas berpotensi kecelakaan tertinggi berada di kawasan permukiman dengan jumlah pelanggaran 664 di tahun ini. Sementara tahun sebelumnya 381 pelanggaran.

Polda Papua Barat menyimpulkan beragam faktor menimbulkan kecelakaan seperti pengendara mengantuk, pengendara dalam dikuasai alkohol maupun melambung kendaraan.

Pada pelaksanaan Operasi Keselamatan, Polda Papua Barat beserta jajaran juga melaksanakan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya disiplin berlalu lintas serta disiplin mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

“Operasi ini juga dilakukan penyuluhan disiplin lalu lintas dan disiplin protokol kesehatan sebanyak 1.089 kali penyuluhan, serta pemasangan pesan himbauan tertib berlalu lintas kepada masyarakat sebanyak 5.225 kali,” pungkasnya.

Sumber : https://akurat.co/angka-pelanggaran-lalu-lintas-di-papua-barat-meningkat-di-tahun-2021

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *