Resmikan Polsek Kota, Kapolda Bali Segera Terapkan ETLE Jembrana

DIRESMIKAN : Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra meresmikan Polsek Kota Jembrana, Selasa (27/4). (Gede Riantory Warmadewa/Bali Express)

NEGARA, BALI EXPRESS – Sebagai pintu gerbang Bali di ujung barat menuju arah Kota Denpasar, diperlukan tugas-tugas kepolisian secara optimal di Jembrana. Salah satunya dengan penerapan tilang elektronik atau ETLE.

Hal itu disampaikan Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, Selasa (27/4) saat meresmikan Polsek Kota Jembrana. “Nanti kedepan disini (Jembrana) akan dilengkapi lagi seperti adanya tilang elektronik atau ETLE. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa diwujudkan,” ujarnya.

ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement adalah implementasi teknologi untuk mencatat pelanggaran – pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas.

Sementara itu, terkait peresmian Polsek Kota Jembrana di Jalan Sudirman, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra mengatakan, Polsek dibentuk untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

Sejalan dengan itu, dibentuknya Polsek Kota Jembrana adanya respek dari Kapolri dimana sebelumnya satu Polsek membawahi dua kecamatan.

“Atas pertimbangan tertentu sehingga khusus di Kecamatan Jembrana ini Polsek Kota Jembrana dikabulkan” terangnya.

Didampingi Kapolres Jembrana, AKBP Ketut Gede Adi Wibawa beserta Forkopimda, Kapolda menjelaskan nantinya di Polsek pada intinya semua tindak pidana bisa dilakukan penyidikan. Namun, pada pertimbangan tertentu bisa diambil alih oleh Polres maupun Polda.

Meski demikian, lanjutnya, yang paling utama dapat melayani masyarakat dengan optimal. “Layanan utama dimanapun masyarakat membutuhkan layanan kepolisian bisa dilakukan,” tandasnya.

Disinggung terkait larangan mudik Idul Fitri atau Lebaran 2021, Kapolda Bali mengatakan pengamanan mudik Idul Fitri akan ditekankan pada pos penyekatan. Khusus di Jembrana pos penyekatan akan dibangun di kawasan Terminal Cekik, Kelurahan Gilimanuk.

“Kebetulan Jembrana merupakan perbatasan dengan Jawa. Sehingga selain pos penyekatan di Cekik, juga ada pos terpadu,” imbuh Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra.

Di samping itu, lanjut Kapolda Bali, pihaknya juga melakukan langkah-langkah dan imbauan agar masyarakat tidak mudik. Apabila memang tidak diizinkan mudik atau ada warga pemudik yang tidak menaati, maka akan dikembalikan. “Berlaku untuk yang masuk Bali dan keluar Bali. Kalau masuk Bali sesuai SE Gubernur, salah satunya menaati protokol kesehatan dan rapid antigen,” pungkasnya.

Sumber : https://baliexpress.jawapos.com/read/2021/04/27/257440/resmikan-polsek-kota-kapolda-bali-segera-terapkan-etle-jembrana

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *