U-Turn Expo Center Mabuun Bakal Dibuka, Dishub Akan Pasang Alat ATCS

TANJUNG, klikkalsel.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong melalui Dinas Perhubungan (Dishub) setempat kembali akan membuka median jalan yang berada di depan Tanjung Expo Center Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Rencana pembukaan median jalan ini menyusul banyaknya aduan masyarakat, terkait jauhnya akses putar balik di jalan ini yang harus dilakukan di depan kantor DPRD Tabalong, pasca penutupan akses putar balik yang berada di depan kantor BNI.

Sejak akhir Maret lalu, Dinas Perhubungan yang berkoordinasi dengan Polres Tabalong, memang menutup akses putar balik disini.

Kepala Dishub Kabupaten Tabalong, Tumbur. P. Manalu menjelaskan, pembukaan median jalan di depan Tanjung Expo Center akan dilakukan bertahap dan karena akan dilengkapi terlebih dulu dengan area traffic control system (ATCS) atau sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi.

“Itu akan kita buka dan realisasikan setelah semua unit alat ATCS dipasang, baru nanti median pembatas akan kita buka dan selama masih pekerjaan median masih seperti biasa,” jelasnya.

Pemasangan ATCA di persimpangan Expo Center dan pembukaan median jalan ini, agar memudahkan akses warga, baik menuju Mall Pelayanan Publik dan juga menuju Pasar Modern Mabuun.

“Dengan adanya dipasang ATCS juga membuat arus lalulintas di sekitarnya akan bisa terkontrol dan diharapkan bisa meminimalisir adanya kecelakaan dan pelanggaran lintas,” tukasnya.

Dari informasi yang dihimpun, Tabalong merupakan Kabupaten pertama selain ibukota Provinsi yang menerima pemasangan ATCS dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Bantuan tersebut diberikan untuk 8 titik lokasi persimpangan yang akan dipasang ATCS ini seperti 6 diantaranya merupakan titik lokasi rambu lalu lintas yang lama, yakni di persimpangan Tanjung Selatan, Polres Tabalong, Pembataan, Belimbing, Sulingan, serta simpang 4 dan simpang 3 Selongan.

Sedangkan 2 lainnya di titik lokasi baru, yakni di persimpangan Expo Centre dan bundaran Monumen Tanjung Puri (tugu obor) Mabuun.

Rambu lalu lintas atau trafik lite yang baru akan dipasang untuk atcs ini termasuk 6 lokasi lama, pasalnya traffic light di titik lokasi lama telah berusia lebih dari 10 tahun.

Selain traffic light baru atcs juga akan dilengkapi CCTV sistem perhitungan jumlah pengendara yang lewat dan speaker untuk menegur pelanggar lalu lintas.(doni)

Sumber : https://klikkalsel.com/u-turn-expo-center-mabuun-bakal-dibuka-dishub-akan-pasang-alat-atcs/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *