Oprasi Ops Keselamatan Agung 2021, Satlantas Polres Badung Imbau Pengendara Patuhi Peraturan Lalin

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG – Semua masyarakat kini diminta agar mematuhi peraturan lalu lintas saat kegiatan OPS Keselamatan Agung 2021.

Untuk memastikan hal tersebut, jajaran Personel Lalulintas Polres Badung langsung turun ke beberapa simpang jalan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat.

Seperti halnya di simpang Polres Badung, jajaran Lantas Polres Badung memberikan imbauan dengan mengecek satu persatu kendaraan yang melintas pada Senin 19 April 2021.

Jika terlihat tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara roda empat langsung dihentikan dan diberikan pemahaman.

Selain itu, untuk kendaraan roda dua jika tidak benar menggunakan helm, juga diberhentikan, termasuk juga penggunaan masker dengan baik

Dari pantauan di lokasi, jajaran lantas Polres Badung juga menyebar brosur.

Kasat Lantas AKP Aan Saputra R.a.,SIK.,M.H. saat dikonfirmasi mengatakan imbauan yang diberikan untuk mengingatkan masyarakat akan peraturan lalu lintas yang ada.

“Jadi kami sifatnya hanya memberi imbauan. Sehingga masyarakat taat akan peraturan lalu lintas,” ucapnya.

Selain memastikan keselamatan dalam berkendara, pengendara juga diwajibkan menggunakan perlengkapan lainnya seperti mempersiapkan surat-surat kendaraan SIM dan helm.

Begitu pula menggunakan masker saat keluar rumah.

“Jadi kegiatan ini untuk mengantisipasi adanya kecelakaan di jalan raya. Sehingga semua pengendara diwajibkan untuk mengutamakan keselamatannya,” jelasnya.

Kendati demikian, ada beberapa pelanggaran yang ditemukan seperti tidak menggunakan masker dengan benar, tidak menggunakan helm dengan benar dan tidak menggunakan sabuk pengaman.

“Untuk pelanggaran kami hanya himbau saja, termasuk juga memberikan masker kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker,” tambahnya.

Seperti diketahui, aparat Kepolisian Resor Badung sempat memetakan wilayah rawan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukumnya.

Hal itu dilakukan untuk menekan kasus lakalantas yang sering terjadi.

Pemetaan wilayah itu pun langsung diperintahkan Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi, SIK kepada Satuan Lalu Lintas Polres Badung saat dirinya memimpin apel kesiapan pasukan Operasi Keselamatan Agung 2021 di halaman mapolres, Senin 12 April 2021

“Agar melaksanakan deteksi dini, petakan lokasi atau tempat rawan laka, pelanggaran dan macet serta lokasi penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Mantan Kasubbdit Gakkum Ditlantas Polda Bali, itu menyebutkan oprasi digelar dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah di tengah pandemi Corona Virus Disease -19 (Covid-19).

Tujuannya untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Termasuk juga menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta penyebaran Covid-19 di wilkum hukum Polres Badung,” ujarnya lagi.

Sumber : https://bali.tribunnews.com/2021/04/19/oprasi-ops-keselamatan-agung-2021-satlantas-polres-badung-imbau-pengendara-patuhi-peraturan-lalin?page=all

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *