Dipantau 24 Jam, Ratusan Pelanggar Tertangkap Kamera Tilang Elektronik di Cilacap

Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi Melalui Kasat Lantas AKP Hendrie Suryo Liquisasono menyampaikan, meskipun puasa Ramadhan, pemantauan pelanggar lalulintas terekam melalui kamera E-TLE berjalan 24 jam, dengan pengawasan dilakukan dari Traffic Management Centre (TMC) Satlantas Polres Cilacap.

“Walaupun jam kerja berkurang karena puasa Ramadhan, operator E-TLE tetap berjalan 24 jam, karena dijaga oleh petugas yang piket bergantian, dengan titik pantauan kamera E-TLE di tiga titik,” ujar Kasat Lantas AKP Hendrie Suryo Liquisasono saat dikonfirmasi, Sabtu (17/04).

Adapun tiga titik kamera pengawas tersebut berada di persimpangan alun-alun, persimpangan Terminal Tipe – A Bangga Mbangun Desa, dan persimpangan Karangkandri. Rencananya, kamera akan diperbanyak untuk memperluas titik pantau hingga wilayah perbatasan Cilacap.

“Tilang elektronik hariannya di Cilacap sekitar 5-7 pelanggar yang tertangkap kamera, kita butuh perluasan titik pantau, namun dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Kita juga tahu bahwa alokasi anggaran pemerintah juga terkena refocusing untuk vaksin, jadi kita berupaya sambil melihat situasi yang ada,” ujarnya.

Menurut Hendrie, sejak dilaunching bulan Maret lalu, E-TLE portabel juga sudah mulai berjalan, namun intensitasnya masing-masing wilayah berbeda. Personil dengan mengendarai mobil dan motor yang dilengkali kamera E-TLE terus memonitor diberbagai titik wilayah Cilacap.

Ia menambahkan, jika dibandingkan dengan operasi manual E-TLE lebih berbeda. Pelanggaran sekarang lebih kepada pelanggaran kasat mata, kalau pantauan patroli, memang banyak namun belum tercover CCTV. Sedangkan jenis pelanggaran yang sering terjadi yakni tidak memakai helm, melanggar marka dan menerobos rambu.

“kalau ditotal hampir satu bulan ini masih sekitar ratusan pelanggar, yang jelas surat konfirmasi tetap diberikan kepada pelanggar, teknisnya nanti mengkonfirmasi lewat telepon, atau menscan barkode untuk membayar dendanya melalui bank,” ujarnya

Selain itu, dia berharap nanti E-TLE bisa mengcover seluruh wilayah di Cilacap. Pihaknya juga akan bersinergi dengan instansi lain, seperti Dinas Perhubungan, untuk turut serta membantu kegiatan tersebut.

Sumber : https://serayunews.com/berita/dipantau-24-jam-ratusan-pelanggar-tertangkap-kamera-tilang-elektronik-di-cilacap/

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *