Jembatan Alalak I Lama Resmi Dibuka, Arus Lalu Lintas Menjadi Lancar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Setelah sehari sebelumnya dilakukan simulasi, Jembatan Alalak I Lama akhirnya resmi dibuka hari ini Kamis (15/4/2021).

Sesuai dengan jadwal yang sudah disusun sebelumnya, pembukaan Jembatan Alalak I Lama ini dibuka dua kali yakni pukul 07.00 hingga 09.00 Wita dan juga pukul 16.00 hingga 20.00 Wita.

Dan Jembatan Alalak I ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda dua dan juga kendaraan roda empat pribadi alias bukan untuk angkutan umum.

Tak kalah penting juga, yang diperbolehkan melalui Jembatan Alalak I ini hanyalah dari arah Banjarmasin menuju Jalan Trans Kalimantan Batola alias satu arah.

Sementara itu untuk pengendara yang dari arah Batola tetap harus melalui Jembatan Alalak II atau eks terminal Handil Bakti.

Setelah turun dari Jembatan Alalak II atau tepatnya di Jalan Tembus Perumnas, pengendara boleh memilih jalur ke kiri (arah Jalan Cemara) dan bisa juga ke kanan (arah menuju RS Ansari Saleh).

Dan dengan rekayasa arus lalu lintas yang dibuat oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarmasin ini, kemacetan pun berhasil terurai.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Febpry Graha Utama mengatakan, untuk kondisi lalu lintas pada hari pertama pembukaan Jembatan Alalak I terbilang lancar.

“Tadi juga ada kita pantau untuk kondisi jalan Transkalimantan yang ada di Batola juga lancar,” ujar Febpry.

Disinggung mengenai kendala dari rekayasa lalu lintas yang dilakukan tersebut, Febpry mengatakan adalah sulitnya mensortir kendaraan yang akan melintas di Jembatan Alalak I Lama.

“Untuk sementara hanya itu kendalanya. selama para pengendara bisa mengikuti arahan dari para petugas, maka kondisi lalu lintas akan bisa dikendalikan,” ungkapnya.

Ditambahkannya untuk skema pembukaan Jembatan Alalak I lama di luar jam operasional yang telah ditentukan masih belum ada.

“Cuma nanti kita akan pantau dan evaluasi terus, bagaimana kondisi dilapangan. Misalkan ada kemacetan di luar jam operasional, mungkin nanti kita akan mengambil keputusan ditempat,” tambah Febpry.

Salah satu warga Kelurahan Alalak Utara, Mahyuni mengatakan, langkah pembukaan jembatan Alalak 1 lama ini sudah bagus, karena berguna untuk mengurai kemacetan yang ada dikawasan tersebut.

“Tapi alangkah lebih bagusnya lagi kalau jembatan Alalak 1 lama, bisa dibuka terus dan tidak terbatas oleh jam operasional, agar tidak ada lagi kemacetan di kawasan ini,” pungkasnya.

Sumber : https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/04/15/jembatan-alalak-i-lama-resmi-dibuka-arus-lalu-lintas-menjadi-lancar?page=all

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *