Berlaku 1 April di Serang, Ini Titik Tilang Elektronik dan Aturannya

Peluncuran tilang elektronik oleh Polda Banten. (Foto: Bahtiar Rifa’i/detikcom)
Serang – Tilang elektronik atau dikenal dengan sistem electronic traffic law enforcement (e-TLE) resmi diluncurkan pada hari ini secara nasional di beberapa daerah di Indonesia. Di Banten, sistem tilang ini berlaku di Kota Serang mulai 1 April 2021.

Untuk penggunaan e-TLE ada di tiga titik sepanjang jalan arteri di Jalan Jenderal Sudirman dan Ahmad Yani. Titiknya ada di persimpangan Ciceri, Pisang Mas dan Sumur Pecung.

“Untuk pelaksanaannya serentak 1 April, di Polda Banten ada di simpang Ciceri, Pisang Mas, Sumur Pecung, apabila ada pelanggaran langsung diberikan surat tilang diberikan ke alamat pelanggar,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombes Rudi Purnomo di Serang, Selasa (23/3/2021).

Tilang elektronik ini sudah tersambung dengan jaringan di seluruh Indonesia setelah diluncurkan serentak. Jadi, meski kendaraan dengan plat luar daerah, pengiriman surat tilang akan sesuai dengan alamat pemilik.

Kategori pelanggaran yang terekam diklasifikasi pada 10 jenis pelanggaran. Beberapa di antaranya pelanggar tidak menggunakan helm, melanggar marka jalan, melanggar lampu merah, tidak mengenakan sabuk pengaman, menggunakan handphone saat berkendara hingga pengendara yang tidak melakukan pembayaran pajak.

“Kita sudah MOU dengan Kantor Pos nanti disesuaikan dengan nopol KTP dikirimkan ke alamat (pelanggar), kita koordinasi dengan BRI nanti langsung membayarkannya tidak ke petugas,” ujar Rudi.

Operasional tilang elektronik ini berlaku sesuai jam operasional jam kerja dari pagi hingga pukul 18.00 WIB. Sejak awal Maret, Polda Banten telah melakukan uji coba dan tidak menemukan kendala.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan tilang elektronik adalah terobosan yang dilakukan jajaran kepolisian. Pemprov Banten mendukung pengembangan sistem tilang ini untuk diterapkan tidak hanya di Kota Serang, namun di daerah-daerah lain.

“Ini penegakan yang menurut saya terobosan kepolisian, nanti akan dikembangkan, insya Allah kita memberikan dukungan,” ucap Wahidin.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5504230/berlaku-1-april-di-serang-ini-titik-tilang-elektronik-dan-aturannya

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *